Bahayanya Scammers Giveaway di Facebook

  • Whatsapp
Scammers mencuri data anda

BASINGBE.com – Hadiah cuma – cuma atau yang dikenal give away adalah alat populer yang digunakan para pebisnis untuk melibatkan pelanggan di media sosial, terutama Facebook. Tapi, sayangnya, ada beberapa scammers di luar sana yang menggunakan hadiah cuma – cuma atau give away untuk menipu orang.

Read More

Jika Anda menggulir postingan di Facebook, tidak sedikit menemukan orang yang menawarkan hadiah. Baik itu uang tunai, handphone, maupun hadiah lainnya. Masalahnya adalah bahwa banyak dari hadiah ini adalah scams atau penipuan. Lebih buruknya lagi, beberapa diantaranya membahayakan bahkan mencuri identitas kita

Apa Berbagi Hadiah Facebook Berbahaya?

Tujuan dari banyak penipuan yang menggunakan metode Giveaway adalah untuk mengumpulkan “suka dan bagikan” untuk fanspage tertentu. Baik pengguna individu atau perusahaan menggunakan taktik cerdik ini untuk mempromosikan produknya secara online.

Scammers bekerja sejak lama, karena menyadari bahwa orang – orang menyukai barang gratis. Terlebih lagi, kebanyakan individu suka berbagi hadiah dengan teman-teman mereka secara langsung. Lagipula, banyak orang yang tertarik memenangkan hadiah secara cuma – cuma dan syarat yang mudah.

Masalahnya membuat postingan give away namun hanya bertujuan untuk penipuan. Seringkali, Anda hanya membagikan informasi produk, fanspage, bahkan informasi pribadi Anda tanpa imbalan.

Facebook juga belum membantu dan mampu mengatasi permasalahan ini secara optimal. Semakin banyak suka dan bagikan akan mendorong tampilan berita secara acak dan dihiasi dengan promosi produk tertentu. Akhirnya, menyebar dengan luas tanpa terfilter dengan baik, dampaknya akan memberikan scammers semua data yang mereka butuhkan.

Cara Scammers Mencuri Data

Cara scammers mencuru data anda biasanya melalui sebuah tautan. Tautan yang tidak aman akan menginfeksi komputer Anda dengan malware ketika anda mengklik sebuah situs yang mencurigakan. Lalu, tautan yang anda klik diteruskan ke sebuah situs yang mencoba menipu anda karena iming – iming hadiah.

Scammers atau penipu mengumpulkan detail pribadi, seperti ulang tahun Anda, yang dapat mereka gunakan untuk mengakses akun lain dan para scammer membajak profil Anda.

Bisakah Anda Menemukan Scam Facebook Giveaway? Tentunya hal ini butuh pengamatan lebih lanjut dan perlu dilihat detail alamat perusahaan atau fanspage resminya. Berikut kiat untuk memahami apakah postingan Giveaway adalah penipuan :

Perbarui Informasi Kesehatan Anda Dimasa Pandemi

#BersamaLawanCOVID19

Iklan Layanan Masyarakat

UPDATE KLASEMEN LIGA TOP EROPA HARI INI KLIK GAMBAR DIBAWAH

1. Periksa Situs Web Perusahaan

Jika perusahaan memposting hadiah di Facebook, maka mereka biasanya mengonfirmasikan pemenangnya di situs web resmi mereka. Lalu, akses ke situs mereka dan periksa untuk melihat apakah ada informasi tentang postingan berhadiah tersebut. Jika tidak, itu mungkin scam.

2. Gunakan Akal Sehat Anda

Jika sesuatu terlihat diluar logika, misalkan menjanjikan hadiah yang besar kemungkinan itu scammers. Apalagi dengan cara – cara yang kurang masuk akal, seperti komentar P 20 kali mendapatkan hadiah handphone.

3. Jangan Berikan Izin

Ketika Anda mengklik tautan lalu diarahkan ke nama web yang berbeda dengan Fanspage maupun tampilan awal, maka batalkan segera. Karena anda tidak tahu apa yang akan anda tuju. Mengizinkan akses scammers ke informasi perangkat Anda dapat membahayakan identitas Anda dan memberi mereka akses informasi pribadi kita.

4. Jangan Berikan Informasi Pribadi Di Facebook

Anda tidak boleh memberikan nomor identitas, foto identitas, rincian bank atau kata sandi di media sosial. Meskipun anda dijanjikan akan mendapatkan hadiah cuma – cuma.

5. Jangan Mengisi Survei Dengan Lengkap

Akhirnya, beberapa scammers meminta Anda untuk menyelesaikan survei untuk dimasukkan ke dalam kompetisi mereka. Survei ini kemudian dapat menginstal malware di komputer Anda. Jadi jangan mengisi data dengan lengkap terutama yang menyangkut dengan identitas pribadi kita.

Editor : SS. Budi

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *