Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1 Indonesia Tahun 2020

  • Whatsapp
Beasiswa Pendidikan

Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

BASINGBE.com – Bagi kamu yang sedang mencari Beasiswa untuk Mahasiswa On-Going, berikut ini dilansir dari INDBeasiswa telah merangkum Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1 yang rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh berbagai penyedia beasiswa. Beberapa di antaranya telah ditutup, namun ada kesempatan untuk mencoba di tahun berikutnya.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1 On-Going

Beasiswa untuk mahasiswa S1 sendiri terdiri dari berbagai macam, ada yang merupakan beasiswa dalam negeri, dan ada juga beasiswa luar negeri. Beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun Diploma jumlahnya sebenarnya cukup banyak, namun memang dibutuhkan usaha untuk mencarinya. Berikut ini merupakan daftar beasiswa untuk mahasiswa s1 maupun Diploma yang umumnya dibuka setiap tahun dengan jumlah kuota serta nilai beasiswa yang berbeda-beda.

1. BEASISWA BANK INDONESIA

Beasiswa Bank Indonesia ditawarkan oleh Bank Indonesia untuk mahasiswa jenjang Sarjana (S1) di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Beasiswa Bank Indonesia tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup. Para penerima Beasiswa BI juga diwadahi oleh komunitas dan nantinya akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan supaya mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing. Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 ini dibuka biasanya sekitar bulan Februari s/d Maret setiap tahunnya.

2. DJARUM BEASISWA PLUS

Program Djarum Beasiswa Plus ditawarkan oleh Djarum Foundation bagi mahasiswa/i berprestasi di Indonesia. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan dana senilai Rp 1.000.000,- setiap bulan selama 1 tahun serta berbagai kegiatan pembekalan soft skills. Pada tahun 2020, terdapat lebih dari 80 Perguruan Tinggi di Indonesia yang menjadi mitra Program Beasiswa Djarum. Apabila ada peserta yang kampusnya belum menjadi mitra Djarum Beasiswa Plus, dapat mengusulkannya ke pihak Djarum Foundation. Untuk Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus Tahun 2020 saat ini sedang dibuka dan akan ditutup pada tanggal 16 MEI 2020.

3. BEASISWA YBM BRI

Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI) merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Program yang diselenggarakan oleh YBM BRI meliputi pendidikan, sosial, kesehatan, dan ekonomi. Salah satu program unggulan YBM BRI dalam bidang pendidikan adalah SMART Scholarship. Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa tunjangan prestasi sebesar Rp 500.000,- per bulan selama 1 tahun, peningkatan soft skill, networking, dll. Salah satu persyaratannya yaitu merupakan mahasiswa/i semester 2 dari kampus yang bermitra dengan Program Beasiswa YBM BRI Smart. Saat ini sedang dibuka pendaftaran Beasiswa YBM BRI Smart Tahun 2020 dan akan ditutup pada tanggal 26 APRIL 2020.

 

Perbarui Informasi Kesehatan Anda Dimasa Pandemi

#BersamaLawanCOVID19

4. BEASISWA KARYA SALEMBA EMPAT (KSE)

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) ditawarkan oleh Yayasan Salemba Empat untuk mahasiswa S1 yang telah menempuh pendidikan minimal di semester 2. Bantuan beasiswa untuk mahasiswa S1 ini diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup senilai Rp 750.000,- setiap bulan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang di tahun berikutnya. Tidak hanya itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan berbagai program pembinaan seperti Tatap Muka, Leadership Program, Seminar, Workshop dan Coaching yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam pengembangan diri nantinya. Untuk Pendaftaran Beasiswa KSE Tahun 2020 akan dimulai pada 1 April 2020 dan akan ditutup pada tanggal 25 APRIL 2020 (deadline masing-masing universitas berbeda-beda).

5. BEASISWA MIZAN

Mizan Publisher setiap tahunnya secara rutin memberikan Beasiswa Mizan untuk membantu pendanaan tugas akhir studi (skripsi, tesis atau disertasi) bagi mahasiswa semester akhir yang berada di Indonesia. Diharapkan dengan diadakannya Program Beasiswa Mizan dapat menyokong semangat kreatifitas dan kualitas berkarya para calon cendekia Indonesia. Persyaratan untuk mengikuti beasiswa Mizan adalah penelitian karya akhir harus bertemakan studi keislaman, ditinjau dari pelbagai aspeknya (ajaran, teks filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teknologi, sains dan lain-lain).

6. BEASISWA CARGILL GLOBAL SCHOLARS

Cargill secara rutin menawarkan Program Beasiswa Cargill Global Scholars, sebuah program beasiswa untuk mahasiswa S1 tingkat dua (semester 3-4) di Indonesia. Cakupan beasiswa yang diberikan meliputi bantuan dana senilai $2,500 setiap tahun, mengikuti seminar kepemimpinan dan mendapatkan bimbingan dari salah satu pemimpin Cargill. Pada tahun 2020, terdapat 10 perguruan tinggi yang menjadi partner Beasiswa Cargill. Untuk pendaftaran Beasiswa Cargill Tahun 2020 saat ini sedang dibuka dan akan ditutup pada tanggal 5 MEI 2020.

7. BEASISWA BCA FINANCE

Beasiswa BCA Finance ditawarkan oleh pihak BCA Finance Peduli bagi mahasiswa/i di seluruh tanah air. Kelebihan dari beasiswa ini adalah terbuka bagi semua mahasiswa D4 dan S1 dari PTN maupun PTS di seluruh Indonesia. Apabila sedang menjalani atau telah menyelesaikan semester 2 maka beasiswa ini patut kamu coba. Beasiswa untuk mahasiswa S1 dan D4 ini diberikan dalam bentuk bantuan dana perkuliahan senilai Rp 3.000.000,- per semester. Pendaftaran biasanya telah dimulai pada bulan Mei s/d Juni setiap tahunnya.

8. BEASISWA TOKOPEDIA

Seperti yang telah diketahui, Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa semester 5 yang berasal dari jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Matematika, Statistika, Teknik Komputer, Teknik Industri atau yang relevan. Cakupan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa biaya perkuliahan selama 2 semester, uang buku, biaya wisuda, serta uang saku selama 1 tahun senilai Rp 3.000.000,- per bulan.

9. BEASISWA VAN DEVENTER-MAAS INDONESIA (VDMI atau VDMS)

Program Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh Yayasan VDMI bagi mahasiswa D3 dan S1 di Indonesia. Program ini diberikan dalam bentuk bantuan dana senilai Rp 650.000,- setiap bulan, bonus lulus tepat waktu, bonus TOEFL, serta pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building). Pada tahun 2019, terdapat 36 perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Beasiswa VDMI.

10. BEASISWA ORBIT HASRI AINUN HABIBIE

Program Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie yang ditawarkan oleh Yayasan Amal Abadi merupakan salah satu bentuk nyata komitmen Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia yang mempunyai potensi yang sangat besar, namun terkendala oleh masalah ekonomi keluarga. Beasiswa untuk mahasiswa S1 ini ditujukan untuk yang sedang menjalani semester 1 s/d 8 dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Bantuan beasiswa akan diserahkan pada masing-masing penerima beasiswa sesuai dengan keperluan yang dirasa paling mendesak, seperti untuk biaya transportasi, kos, buku, makanan ekstra untuk menambah gizi, les tambahan, kursus, dan lain-lain.

11. BEASISWA TANOTO FOUNDATION

Salah satu daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa kamu coba adalah Beasiswa Tanoto Foundation yang ditawarkan dalam skema National Champion Scholarship. Program ini ditujukan bagi mahasiswa S1 dan S2 berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi untuk dapat melanjutkan mengenyam pendidikan. Tujuan dari diadakannya Beasiswa Tanoto Foundation adalah untuk mencetak pemimpin masa depan yang berkarakter kuat, cakap dan tangguh. Beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Tanoto Foundation ini diberikan dalam bentuk biaya kuliah tiap semester sampai semester 8, tunjangan bulanan, berbagai program pelatihan kepemimpinan, dll. Untuk tahun 2018, program National Champion Scholarship bermitra dengan 12 perguruan tinggi negeri.

12. BEASTUDI ETOS

Beastudi Etos yang dikelola oleh Dompet Dhuafa ini ditujukan bagi mahasiswa/i baru PTN di Indonesia. Beasiswa untuk mahasiswa S1 ini diberikan selama delapan semester (4 tahun) berupa bantuan biaya pendidikan, uang saku, asrama mahasiswa selama 2 tahun, pembinaan capacity building selama 4 tahun, dan program magang. Fasilitas yang didapatkan juga meliputi bantuan support prestasi baik dalam maupun luar negeri disertai dengan pembuatan paspor. Biasanya pendaftaran mulai dibuka antara Juni s/d Juli setiap tahunnya.

13. BEASISWA JUARA DARI KOMPAS DAN AVIAN

Program Beasiswa Juara diselenggarakan oleh Harian Kompas bersama Avian Brands berupa beasiswa untuk mahasiswa S1 dari PTN maupun PTS di Indonesia. Beasiswa yang diberikan berupa pembiayaan kuliah selama 2 (dua) semester sebesar total Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Selain itu, program ini juga memberikan pengembangan potensi diri melalui pelatihan keterampilan untuk memperkaya softskill maupun hardskill.

 

14. BEASISWA BUKALAPAK

Bukalapak turut menawarkan program daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa kamu coba. Program ini ditawarkan dalam skema BukaBeasiswa dan BukaFigur. Keuntungan yang didapatkan antara lain bantuan biaya kuliah selama 2 semester, uang saku senilai Rp 2.000.000,- per bulan, dan sebagainya. Pada tahun 2018, pendaftaran dibuka sekitar bulan Mei s/d Juni. Apabila pada tahun 2020 program ini kembali dibuka, informasinya akan kami update pada link di bawah ini.

15. BEASISWA PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) ditawarkan secara rutin oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan baik di jenjang Diploma maupun Sarjana pada PTN atau PTS di seluruh Indonesia. Para penerima Beasiswa PPA akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 350.000,- per bulan yang diberikan berdasarkan periode tahun anggaran berjalan kepada masing-masing kandidat.

16. BEASISWA CIMB ASEAN

Salah satu dari daftar beasiswa untuk mahasiswa s1 yang bisa kamu coba adalah Program CIMB ASEAN Scholarships. Beasiswa ini ditawarkan bagi lulusan SMA/SMK/sederajat yang akan mengambil kuliah S1 di universitas manapun (bisa dalam negeri atau luar negeri) serta mahasiswa S1 yang sedang menjalani perkuliahan di dalam negeri atau luar negeri pada tahun pertama atau tahun kedua. Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa beasiswa penuh uang perkuliahan, termasuk pendaftaran, biaya kuliah (tuition fee) dan ujian, uang buku, tunjangan hidup, akomodasi, kesempatan magang, dll. Untuk tahun 2020, saat ini sedang dibuka pendaftaran Beasiswa CIMB ASEAN dan akan ditutup pada tanggal 30 APRIL 2020.

17. BEASISWA AKTIVIS NUSANTARA

Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) ditawarkan oleh Dompet Dhuafa bagi mahasiswa S1 semester 7. Program BAKTI NUSA merupakan program pengembangan kepemimpinan bagi aktivis mahasiswa untuk membentuk pemimpin berkarakter dan kompeten yang berperan aktif di tengah masyarakat demi terwujudunya Indonesia berdaya. Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan meliputi dana bantuan aktivitas Rp 800.000,- per bulan selama satu tahun, pelatihan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) selama satu bulan, dan berbagai pelatihan serta pembinaan yang bermanfaat.

18. BEASISWA BAZMA PERTAMINA

Program Beasiswa Bazma Pertamina merupakan sebuah program pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai semangat untuk terus tumbuh dan berkembang namun terbatas dalam hal ekonomi. Beasiswa yang diberikan meliputi biaya kuliah/SPP 3 tahun terakhir, uang saku Rp 650.000,- per bulan, program pengembangan diri, dll. Pada tahun 2019, Beasiswa Bazma Pertamina bermitra dengan 14 Perguruan Tinggi di Indonesia.

19. BEASISWA XL FUTURE LEADERS

Program Beasiswa XL Future Leaders merupakan program pelatihan terpadu bagi mahasiswa tingkat 1 – 2 (semester 1 – 4) yang difokuskan pada 3 area kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkiprah di tingkat global. Program ini dibuka untuk mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia dan dari semua jurusan. Peserta terpilih akan mendapatkan Gadget serta pulsa XL selama 2 tahun dan program pelatihan soft skills selama 2 tahun. Dalam proses seleksinya, peserta tidak dikenakan biaya apapun (GRATIS). Untuk pendaftaran Beasiswa XL Future Leaders Tahun 2020 saat ini sedang dibuka dan akan ditutup pada tanggal 30 JUNI 2020.

20. KPMG 4SEAS SCHOLARSHIP

Program KPMG 4SEAS Scholarship ditawarkan oleh KPMG, salah satu perusahaan terbesar di bidang jasa profesional Audit, Tax, dan Advisory. Beasiswa untuk Mahasiswa S1 ini ditujukan bagi mereka yang sedang berkuliah di bidang Akuntansi atau Bisnis. Program beasiswa KPMG yang diberikan meliputi pembiayaan uang kuliah serta kesempatan magang di kantor KPMG yang berada di Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Pendaftaran Beasiswa KPMG 4SEAS Tahun 2020 saat ini sedang dibuka, dan akan ditutup pada tanggal 30 APRIL 2020.

21. BEASISWA GLINTS

Beasiswa Glints merupakan program rutin dari Glints yang ditujukan untuk membantu mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia dalam mengembangkan karier dan meningkatkan kemampuan sedini mungkin. Mahasiswa D3, D4 dan S1 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia bisa mendaftar beasiswa ini. Glints Scholarship memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1, D4, dan D3 dalam bentuk uang tunai senilai Rp 3.000.000,- untuk masing-masing penerima beasiswa. Bantuan dana tersebut bisa digunakan untuk membayar uang kuliah / kursus / tes bahasa / persiapan student exchange, dll.

22. BEASISWA DATAPRINT

Program Beasiswa Dataprint ditujukan untuk pelajar SMP, SMA/SMK/Sederajat, serta mahasiswa perguruan tinggi jenjang Diploma (D3 & D4) dan Sarjana (S1) di seluruh Indonesia. Adapun Beasiswa DataPrint 2020 diberikan dalam bentuk bantuan dana dengan nominal: Rp 400 ribu, Rp 700 ribu, dan Rp 1 juta. Dana beasiswa tersebut akan diberikan satu kali bagi masing-masing peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan essay, prestasi dan keaktifan peserta. Pendaftaran Beasiswa Dataprint Tahun 2020 saat ini sedang dibuka dan akan ditutup pada tanggal 15 MEI 2020 (Periode 1) dan 19 DESEMBER 2020 (Periode 2).

UPDATE KLASEMEN LIGA TOP EROPA HARI INI KLIK GAMBAR DIBAWAH

23. BEASISWA YAYASAN HADJI KALLA

Yayasan Hadji Kalla secara rutin memberikan bantuan penyelesaian tugas akhir kepada mahasiswa/i perguruan tinggi, khususnya bagi mereka yang berkuliah di perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Selatan. Yayasan Hadji Kalla akan memberikan pembiayaan penuh untuk para peserta terpilih dalam menyelesaikan penelitian/skripsi/tugas akhirnya. Untuk pendaftaran Beasiswa Yayasan Hadji Kalla Tahun 2020 akan ditutup pada tanggal 17 APRIL 2020.

24. BEASISWA MINDO CAMPUS

Mindo Campus merupakan platform pembelajaran online bagi mahasiswa dan mahasiswi di Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Menyadari bahwa kondisi saat ini kurang baik khususnya dari segi ekonomi karena adanya penyebaran Virus Corona (COVID-19), pihak Mindo Campus turut berpartisipasi dalam mengurangi dampak ekonomi tersebut dengan memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1, D4, dan D3 di Indonesia. Beasiswa yang diberikan berupa uang beasiswa sebesar Rp 600.000,- per bulan selama 1 tahun, bimbingan kuliah online gratis, serta mentoring bagi mahasiswa berprestasi. Pendaftaran untuk tahun 2020 saat ini sedang dibuka, dan akan ditutup pada tanggal 31 Mei 2020.

25. DAFTAR BEASISWA PRIMA BANKALTIMTARA

Beasiswa Prima Bankaltimtara merupakan salah satu bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT BPD Kaltim Kaltara pada bidang pendidikan. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa/i semester 4 dari seluruh program studi D4/S1 di Perguruan Tinggi yang telah bermitra dengan PT BPD Kaltim Kaltara di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Pada tahun 2020, terdapat 21 Perguruan Tinggi yang bekerjasama dalam beasiswa ini. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 4 Mei 2020.

26. DAFTAR BEASISWA INDOSAT OOREDO DIGITAL CAMP (IDCAMP)

Indosat Ooredo menyelenggarakan Program Indosat Ooredo Digital Camp (IDCamp) yang bertujuan untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. Program IDCamp dapat diikuti oleh pemuda/i Indonesia berusia kurang dari 29 tahun, termasuk mahasiswa/i yang sedang berkuliah. Melalui program beasiswa IDCamp ini, Indosat Ooredo mengajak generasi muda Indonesia untuk menggeluti bidang teknologi digital dengan memberikan pelatihan online melalui 4 alur belajar utama, yaitu: Android Developer Learning Path, Front-End Web Developer Learning Path, iOS Developer Learning Path, dan Machine Learning Developer Learning Path. Pendaftaran untuk tahun 2020 akan dibuka sampai dengan bulan Juni 2020.

Selain daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang disebutkan di atas, sebetulnya masih banyak lagi beasiswa yang disediakan dari berbagai instansi/yayasan. Pastikan lebih sering untuk mencari informasi daftar beasiswa lainnya dari berbagai sumber, seperti website kampus, grup-grup beasiswa, milis, dan sebagainya. 

PERINGATAN !!! Hindari oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan suatu perusahaan dan meminta sejumlah uang/barang berharga lainnya kepada Anda.

Silakan dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan dan semoga bermanfaat.

Sumber Informasi : Indbeasiswa.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *