Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Kala Pandemi

  • Whatsapp
mempersiapkan anak

Foto : Husniati Salma/Unsplash

BASINGBE.com – Momen masuk sekolah merupakan momen yang paling ditunggu – tunggu baik oleh orang tua maupun sang anak. Namun, hal berbeda ketika dimasa pandemi. Rasa takut terkena wabah COVID19 pasti ada. Namun, pendidikan tetap harus dilaksanakan. Pemerintah telah mengeluarkan jadwal untuk penerimaan murid baru. Namun sebagai orang tua, kita harus punya cara untuk mempersiapkannya. Inilah perlunya mempersiapkan anak masuk sekolah dimasa pandemi.

Read More

Mempersiapkan Momen Masuk Sekolah

Para orang tua dapat membantu sang anak menantikan momen saat masuk sekolah dengan menghilangkan rasa takut akan hal – hal yang belum pernah diketahui. Jika sang anak pergi ke taman kanak-kanak atau pra-sekolah, pindah ke ‘sekolah besar’ sang anak harus di ajarkan apa yang harus mereka lakukan. Dengan harapan, akan membantu memberikan rasa nyaman kepada mereka dari bahaya pandemi COVID19.

Bicara tentang sekolah

Selalu bersikap positif dan antusias untuk menceritakan tentang semua hal yang menyenangkan ketika di sekolah. Ceritakan tentang guru mereka, sehingga akan terasa akrab dan tak lupa bicarakan tentang teman baru yang akan mereka buat. Sang anak diceritakan bahwa mereka akan menemukan banyak buku di perpustakaan yang menarik dan favorit bagi mereka.

Kunjungi ruang kelas

Karena adanya pandemi coronavirus, sang anak mungkin tidak akan memiliki kesempatan untuk menghadiri sesi pra sekolah dan beradaptasi dengan ruang kelas yang berbeda. Tanyakan kepada sekolah apakah mereka menyediakan foto di situs web mereka. Sehingga, para orang tua dapat menceritakan bagaimana penerapan protokol kesehatan di sekolah.

Kenali sekolahnya

Kami menyarankan para orang tua agar mencari tahu informasi tentang sekolah. Baik itu kondisi sekolah, agenda – agenda besar tahunan, dan biaya disana. Karena dimasa pandemi COVID19, suasana berubah drastis dan kita dituntut untuk cepat beradaptasi.

Bersiap untuk Penerimaan

Membekali sang anak dengan beberapa keterampilan praktis yang akan membantu mereka merasa bahagia dan percaya diri. Hal ini, jauh lebih penting daripada mencoba untuk memulai dari kinerja akademik sang anak.

Kecuali jika para orang tua telah mempersiapkan secara khusus ingin mengajar anak Anda membaca atau menulis sebelum mereka mulai sekolah (dan mereka ingin belajar). Namun, tetap berkonsentrasilah pada upaya orang tua untuk mengajarkan keterampilan dasar dan prilaku sang anak. Dorong mereka untuk menaruh minat pada dunia di sekitar mereka, dan ingin melakukan sesuatu kebaikan untuk diri mereka sendiri.

Akan tetapi semua itu memerlukan proses, sebelum sang anak belajar huruf, angka, dan kata-kata di sekolah. Akan ada banyak peluang untuk mendukung dan memuji mereka saat mereka meraih keberhasilan dari semua itu.

Penulis : Arief Ghazali
Editor : Slamet Setya Budi

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *