Kentang Goreng? Tips Rahasia Agar Tidak Lembek

  • Whatsapp
Kentang Goreng

BASINGBE.com – Daripada kita boros pengeluaran untuk pembelian kentang goreng frozen, atau kemasan jadi. Mengapa kita tidak mencobanya membuat dirumah?. Kentang goreng menjadi salah satu makan yang digemari oleh banyak orang, dengan teksturnya renyah dan gurih pada bagian luarnya serta lembut di dalam. Tak heran jika banyak cafe, atau tempat nongkrong menyediakan makanan enak ini. Lalu bagaimana sih cara membuatnya? Ternyata nggak sulit lho untuk membuat kentang goreng yang renyah dan lembut. Ikuti tips berikut ini, ya.

Cuci, Lalu Potong, dan Bilas Dengan Air Hingga Bersih

Tentunya proses yang tak kalah penting ialan proses awalnya. Bersihkan bagian kulit kentang hingga bersih, lalu potong sesuai selera kamu ya. Untuk referensi kamu, potongan kentang dapat dinetuk seperti standar french fries, wedges, atau crinkle-cut fries yang terlihat seperti french fries tapi tepiannya keriting.

Read More

Setelah kentang dipotong, bersihkan dalam wadah menggunakan air bersih yang mengalir. Tips dalam proses pembersihan yakni bersihkan kentang sampai airnya benar – benar bening.

Simpan di Kulkas Selama 30 Menit

Setelah kentang dicuci bersih dan potongan sesuai selera. Lalu, pindahkan kentang kedalam wadah yang bersih lalu tuangkan air dingin atau air dan dicampur dengan es batu. Tambahkan juga perasan lemon. Kenapa perasan lemon? karena bertujuan untuk menghambat oksidasi pada kentang. Selain itu, akan membuat tekstur luar kentang krispi setelah digoreng. Proses ini juga akan membuat bagian dalam kentang matang menyeluruh sebelum luarnya menjadi kecoklatan dalam proses penggorengan. Tekstur dan tampilan lentang benar-benar akan sempurna!

Goreng Kentang Selama Dua Kali

Repot memang menggoreng kentang sampai dua kali, tapi itulah yang perlu dilakukan untuk menghasilkan tekstur kentang goreng yang sempurna. Gorengan pertama dilakukan dengan api kecil untuk memastikan bagian dalam matang merata. Tiriskan untuk mengurangi kandungan minyak. Proses kedua dilakukan dengan api besar untuk menciptakan tektur renyah di bagian luar, dan warna kuning keemasan. Kalau menggoreng hanya satu kali dengan api kecil atau dengan api sedang, memang menyebabkan kentang menjadi renyah tetapi kurang matang di tengah, atau bahkan hanya berminyak dan tekstur menjadi lemas.

Editor : Slamet Setya Budi

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *