[SALAH] : Pasien COVID19 Bertambah Di Tebo, Cek Fakta

  • Whatsapp
Pasien COVID19 di Jambi

BASINGBE.com – Tim Redaksi BASINGBE.com mendapatkan pertanyaan via WhatsApp pada Kamis (09/07/2020) Pukul 12.34 WIB. Yaitu, mengenai adanya penambahan Pasien COVID19 di Kabupaten Tebo.

Read More

 

Sumber : WhatsApp

CEK FAKTA

Perkembangan data terbaru Tim Gugus Tugas COVID19 Provinsi Jambi terjadi 1 (Satu) Kasus penambahan pasien COVID19 Per Kamis (09/07/2020). Pasien dengan nomor 122, inisial RN, berjenis kelamin perempuan berasal dari Kabupaten Muaro Jambi. Dengan data terbaru ini terjawab bahwa tidak ada Pasien baru Positif COVID19 di Kabupaten Tebo.



Petugas PPDP Reaktif COVID19 Versi Rapid Test.

Hasil dari uji Rapid Test terhadap petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) Kabupaten Tebo ditemukan 1 (Satu) orang reaktif Virus Corona. Petugas tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

“Saat PPDP dari Kecamatan Tebo Ulu kemarin (08/07/2020) dirapid test ternyata ada satu orang yang dinyatakan reaktif” Tutur Dr. Riana Elizabeth Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo dikutip dari Tebo Netizen melalui www.polrestebo.jambi.polri.go.id (09/08/2020)

Lebih lanjut, petugas yang dinyatakan reaktif virus corona dianjurkan untuk mengisolasidiri secara mandiri. Sementara itu, langkah cepat dan pendampingan pasien akan dipantau oleh pihak puskesmas pulau temiang dan pihak kecamatan. Hal ini dilakukan untuk mengontrol kondisi dan kestabilan pasien tersebut

“Pasien dianjurkan untuk mengisolasi diri secara mandiri. disamping itu, kondisinya terus dipantau oleh pihak puskesmas pulau temiang dan pihak kecamatan” katanya dikutip dari Tebo Netizen,melalui www.polrestebo.jambi.polri.go.id (09/07/2020)

Langkah Lanjutan

Untuk langkah kedepan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo telah berkoordinasi dengan tim gugus tugas COVID19 Provinsi Jambi. Tim Gugus Tugas Covid19 Provinsi dijadwalkan akan datang ke Kabupaten Tebo untuk melakukan test swab (PCR) terhadap pasien reaktif tersebut.

Sementara itu, Ketua KPUD Tebo, Basri menerangkan bahwa jika ada anggota PPDP yang teruji positif Covid-19, berdasarkan instruksi dan aturan dari KPU maka akan dilakukan penggantian.

“Ada satu orang PPDP yang dinyatakan reaktifcovid, berdasarkan instruksi dari KPU, maka kita akan menggantikannya. Satu orang PPDP tersebut berasal dari Kecamatan Tebo Ulu Kelurahan Pulau Temiang,” jelasnya.

Melansir dari situs Pmitebo.or.id untuk diketahui, hasil Rapid Test belumlah final, dan memerlukan uji SWAB atau Laboratorium. Langkah kita adalah tetap menjaga daya tahan tubuh, patuhi himbauan pemerintah, keluar rumah saat penting dan kenakan masker, rajin mencuci tangan.

Kesimpulan : Tidak ada penambahan pasien positif COVID19 di Kabupaten Tebo, per Kamis (09/07/2020). Ada satu petugas PPDP KPUD Tebo reaktif COVID19 versi Rapid Test. Pasien dapat dikatakan Positif apabila melalu Uji SWAB PCR dan data dirilis dari Tim Gugus Tugas COVID19 Pusat dan diteruskan ditingkat Provisni/Kabupaten/Kota.

Kategori : Salah dan Disinformasi

Referensi :
http://polrestebo.jambi.polri.go.id/hasil-rapid-test-satu-orang-ppdp-kpu-tebo-dinyatakan-reaktif-covid-19/ (Terbit 09 Juli 2020)
https://www.tebonetizen.com/2020/07/di-rapid-test-satu-orang-ppdp-kpu-tebo.html (Terbit 09 Juli 2020)
https://pmitebo.or.id/data-terbaru-jambi-dan-langkah-terkait-indikasi-2-hasil-rapid-test-positif-di-tebo/ (Terbit 28 April 2020)

Editor : Slamet Setya Budi

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *