[SALAH] Rombongan Jemaah Haji Padang Sumbar Menuju Tanah Suci

  • Whatsapp
Rombongan haji

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Unggahan yang tidak disertai keterangan waktu tersebut banyak menimbulkan kesalahan tafsir. Faktanya, foto yang digunakan merupakan foto kejadian pada tahun 2018. Kemenag Sumbar turut menegaskan bahwa tidak ada pemberangkatan haji pada tahun ini.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

BERITA

Rombongan jema’ah haji Padang Sumatra Barat non via Depag berangkat kebandara untuk selanjutnya menuju tanah suci menunaikan haji–dengan adanya lobi khusus para tokoh dan ulama Padang Sumatra Barat dengan Kerajaan Arab Saudi dan juga adanya hubungan history Kerajaan Pagaruyung Sumatra Barat pada zaman dulunya, serta Keluarga Kerajaan Pagaruyung juga mempunyai lahan tanah yang cukup luas di Arab Saudi,sekarang ini dibangun Hotel untuk jemaah haji asal Sumatra Barat–memudahkan urusan warga yang menunaikan haji asal Sumatra Barat tersebut–disamping itu Kerajaan Arab Saudi juga sangat menghargai Alm Sheh Ahmad Khatib asal Padang yang pernah menjadi Imam besar Masjidil Haram– semoga hubungan baik Kerajaan Arab Saudi dengan Padang Sumatra Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya terjalin lebih akrab lagi kedepannya dan yang menunaikan Haji mendapat haji mabrur–aamiin.

HASIL CEK FAKTA

Beredar sebuah unggahan oleh akun @AsdarRa’uufRauf terkait pemberangkatan Rombongan Jemaah Haji, Padang, Sumatera Barat. Unggahan yang tidak disertai dengan keterangan waktu tersebut rupanya menimbulkan kesalahan tafsir dari para pembaca. Hingga saat ini unggahan @AsdarRa’uufRauf telah mendapat 75 komentar dan dibagikan sebanyak 2,1 ribu kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Coba melakukan penelusuran lebih lanjut menggunakan mesin pencari milik google dengan kata kunci “pemberangkatan Jemaah Haji Padang Sumbar”, penemuan tertuju pada artikel detik.com berjudul “Kemenag Sumbar Jelaskan Isu Hoax Jemaah Padang Naik Haji Berkat Lobi Khusus”. Melansir dari pemberitaan tersebut, diketahui bahwa unggahan @AsdarRa’uufRauf tidak sesuai dengan fakta.

Kementerian Agama Sumatera Barat menegaskan informasi tersebut adalah hoaks. Kasubag Umum dan Humas Kemenag Sumbar Eri Gusnedi menjelaskan jika pihaknya telah melakukan pengecekan melalui Bidang Haji Kemenag Sumbar, dan dinyatakan bahwa tidak ada pemberangkatan haji pada tahun ini.

“Sudah saya cek ke Bidang Haji, sampai hari ini sudah dikonfirmasi nggak ada, nggak ad aitu,” jelas Eri.

Sementara foto yang digunakan @AsdarRa’uufRauf merupakan foto kejadian pada tahun 2018, yang diabadikan oleh akun Instagram @robbyrotanayulian pada 19 Agustus 2018. Melihat dari fakta yang ada, unggahan @AsdarRa’uufRauf masuk ke dalam kategori false context. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

KESIMPULAN

Unggahan yang tidak disertai keterangan waktu tersebut banyak menimbulkan kesalahan tafsir. Faktanya, foto yang digunakan merupakan foto kejadian pada tahun 2018. Kemenag Sumbar turut menegaskan bahwa tidak ada pemberangkatan haji pada tahun ini.q

RUJUKAN

  • https://news.detik.com/berita/d-5089690/kemenag-sumbar-jelaskan-isu-hoax-jemaah-padang-naik-haji-berkat-lobi-khusus
  • https://www.nusantaratv.com/nasional/peristiwa/viral-jamaah-padang-sumbar-berangkat-haji-2020-kemenag-tegaskan-hoaks
  • https://web.facebook.com/groups/1809861609053856/permalink/4164259523614041/?__tn__=H-R
  • http://archive.fo/nUZJx
  • https://turnbackhoax.id/2020/07/13/salah-rombongan-jemaah-haji-padang-sumbar-menuju-tanah-suci/
  • https://cekfakta.com/focus/4319

Disclaimer : Isi dalam artikel ini dilansir dari turnbackhoax.id dengan mematuhi kode etik

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *