Lembur Bayarannya Gak Sesuai? Salah Satu Perusahaan Di Tebo Janji Akan Perbaiki.

  • Whatsapp
PT TPIL Lembur Karyawan

Foto : Eko/RDP dengan PT. TPIL

Read More

BASINGBE.com – Mau gak sih kerja lembur tapi bayarannya gak sesuai?. Padahal sudah ada aturan yang jelas dari Keputusan Menteri Tenaga Kerja. Kepmennaker No 102 Tahun 2004 mengatur tentang waktu kerja lembur dan besaran upah. Nah, terkait permasalahan tersebut Komisi II DPRD Tebo mengundang PT Tebo Plasma Inti Lestari (PT. TPIL) dan stakeholder terkait. Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang upah kerja lembur berlansung di  Ruang Rapat Komisi II DPRD Kabupaten Tebo, Senin (13/7/2020)

Turut hadir dalam RDP di Gedung Wakil Rakyat tersebut pihak PT TPIL (Manager Kebun, KTU, Personalia),  Anggota Komisi II DPRD Tebo, OPD (Disperindagnaker, Disbunakan) dan Perwakilan Masyarakat Desa Pelayang Kecamatan Tebo Tengah. Tahukah kamu? PT Tebo Plasma Inti Lestari (PT. TPIL) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan pabrik minyak kelapa sawit (PMKS)

Dalam rapat dengar pendapat, Syamsu Rizal, SE., M.SI (Wakil DPRD Kabupaten Tebo) selaku pimpinan rapat menanyaakan tentang kebenaran laporan dari masyarakat yang masuk dalam aduan di DPRD Tebo kepada Pihak Perusahaan.

Sebelumnya kami (DPRD) telah menerima laporan dari masyarakat Desa Pelayang yang juga bekerja di PT.TPIL. Mereka mengeluh terkait upah kerja dan upah lembur yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-perundangan. Apakah itu Benar?.” Tanya Iday sapaan akrab Syamsu Rizal.

Jawaban dan Solusi PT. Tebo Plasma Inti Lestari (PT. TPIL). Upah Lembur?

Pertanyaan yang diutarakan oleh Pimpinan Rapat Komisi II DPRD Tebo mendapatkan respon dari Kepala Tata Usaha (KTU) PT.TPIL. Bahwasannya apa yang selama dilakukan ada kesalahan dan belum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami akui bahwa apa yang kami laksanakan terkait upah kerja dan upah lembur memang ada yang salah” Tutur kepala tata usaha PT. TPIL

Terkait solusi perbaikan kedepannya Pihak PT. Tebo Plasma Inti Lestari (PT. TPIL) berjanji akan ada perbaikan dalam waktu 30 hari kerja dan menyesuikan dengan ketentuan berlaku. Namun, PT TPIL memiliki sedikit catatan dan pertimbangan. Pertimbangan tersebut terkait permohonan upah lembur karyawan PT. TPIL.

“Kedepan kami akan sesuaikan dengan perundang – undangan yang berlaku. Tentunya, melalui berbagai pertimbangan dan kami upayakan persoalan ini dapat diselesaikan secepatnya di bulan juli” tambahnya.

Harapan Masyarakat

Perwakilan masyarakat atau karyawan PT. TPIL yang diwakili oleh Eko Pramuna Putra mengharapkan agar permasalahan ini cepat selesai. Disamping itu, agar tidak ada lagi tindakan intimidasi mutasi karyawan PT. TPIL serta memaksa karyawan kerja di hari minggu.

Kami berharap pihak PT. TPIL tidak lagi mengintimidasi para karyawan dengan cara memutasi dan memaksa karyawan tetap bekerja di hari minggu. Karena kami juga memiliki hak untuk mengutarakan permasalahan kami“. paparnya.

Harapan Komisi II DPRD Kabupaten Tebo

Komisi II DPRD Tebo melalui pimpinan rapat meminta agar PT Tebo Plasma Inti Lestari (PT. TPIL) dapat menyelesaikan permasalahan dalam waktu yang telah disepakati. Disamping itu, tidak ada ancaman mutasi sepihak dan kerja di hari libur yang menyimpang dari aturan yang berlaku.

“Rapat ini menghasilkan solusi yang riil, perusahaan akan menyelesaikan aduan masyarakat sesuai waktu yang ditentukan. Namun, jangan ada ancaman mutasi sepihak kepada kayawan apalagi menetapkan tetap bekerja di hari libur. Jika karyawan, masyarakat, perusahaan saling bersinergi kedepan masalah seperti ini tidak akan terulang” Pungkas Iday dengan senyum khasnya.

Editor : Samet Setya Budi

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *