Fatal Akibatnya Jika Tidak Memperhatikan Hal Ini Saat Mendaki

  • Whatsapp
Tips Mendaki Gunung

Hai gaes , apakah kamu punya rencana akan mendaki bersama teman-temanmu untuk menikmati keindahan alam dari atas bukit atau gunung?
Ini dia beberapa tips dan pengingat buat kamu yang ingin mendaki.

Tapi, jika kamu kurang tertarik dengan artikel ini, kamu bisa mencoba membaca artikel lain seperti tentang, politik, teknologi, baper, duit, opini dan masih banyak yang lainnya gaes.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Kondisi fisik yang prima
Lakukan olahraga secara teratur minimal satu minggu sebelum kamu mendaki, dengan tujuan mempersiapkan kondisi tubuh yang fit atau prima. Kamu harus tau bahwa mendaki itu menguras banyak energi, jika kondisi tubuhmu sedang dalam kondisi kurang fit, maka sebaiknya kamu mengurungkan niatmu untuk mendaki, selain membahayakan dirimu sendiri, kamu juga bisa merepotkan temanmu.

Carrier
Kamu pasti tau carrier kan?, carrier atau yang sering kita sebut dengan istilah tas gunung, perlu kamu perhatikan ukurannya saat akan mendaki. Pilihlah sesuai dengan kebutuhanmu, tentang berapa lama di sana dan berapa banyak barang yang akan kamu bawa nanti. Jangan sampai malah membuatmu menjadi repot membawanya.

Pakaian
Jangan lupa membawa pakaian dengan tingkat ketebalan yang cukup untuk menahan suhu yang dingin, seperti jaket misalnya, mungkin dalam perjalanan tak terasa begitu dingin karena suhu tubuhmu yang meningkat akibat tubuhmu sedang bergerak. Berbeda setelah nanti ketika kamu sampai di puncak, kamu akan merasa lebih dingin karena tubuhmu yang sedang beristirahat.

Makanan dan minuman
Pilih dan pertimbangkankanlah makanan dan minuman yang akan kamu bawa, sesuaikan dengan waktu seberapa lama kamu akan di sana. Agar beban yang kamu bawa tidak berlebihan, dan membuatmu kewalahan saat membawanya atau malah justru sebaliknya.

Membawa obat
Eits, obat yang aku maksud bukan obat terlarang ya gaes. Obat sangat penting kamu bawa, karena kamu tidak akan tau bagaimana dan apa yang akan kamu alami nanti saat perjalanan mendaki, obat untuk mengatasi cidera, obat anti alergi, obat penghilang rasa nyeri, obat diare, hingga obat penurun panas juga perlu kamu bawa. Jangan lupa membawa sebotol kecil madu ya gaes, untuk menjaga kodisi tubuh dengan kondisi cuaca yang tak menentu.

Peralatan
Ini dia beberapa peralatan yang biasanya terlupakan atau tertinggal di rumah seperti, pisau, korek api, senter, mantan, eh maksudku peralatan makan, juga perlatan masak. Tapi ingat gaes, berhati-hati ya ketika kamu menggunakan api untuk memasak, selalu awasi apimu agar tidak terjadi kebakaran.

Alat komunikasi dan alat navigasi
Kamu juga perlu memperhatikan kedua alat ini, terutama alat komunikasi, di perjalanan saat mendaki, kamu akan kesulitan mencari signal untuk alat komunikasimu. Jadi gunakan alat yang mampu kamu andalkan di berbagai lokasi dan kondisi. Tak sepeti alat komunikasi, untuk alat navigasi mungkin kamu perlu membawa penunjuk arah manual yang tak mengandalkan energi listrik.

Tenda
Bawalah tenda dengan ukuran sesuai dengan kebutuhanmu, tenda sangat penting untuk melindungi kamu dari hujan dan suhu udara yang dingin. Jika kamu belum punya, biasanya di sana menyediakan jasa sewa tenda juga, namun ada baiknya jika kamu punya tenda sendiri.

Alas kaki
Pakailah sepatu dengan jenis sepatu yang mampu melewati jalanan yang licin dan terjal, tapi jangan lupa juga membawa sandal. Karena sandal juga berguna disaat kamu nanti sudah sampai di puncak, agar kakimu lebih rileks.

Alas tidur
Membawa kasur? Itu terlalu berat, apalagi harus membawa spring bed. Kamu cukup membawa matras yang beratnya tidak seberapa, tidak seberat rindu milik Dilan kepada Milea tentunya. Hehe, aku hanya bercanda. Intinya kamu perlu memperhatikan berat barang bawaanmu, agar tak menguras tenaga tentunya.


Itu dia beberapa tips dan saran untuk kamu yang masih pemula dalam kegiatan mendaki bukit atau gunung. Jangan lupa juga membawa pasangan ya gaes, pasangan yang sah tentunya, pssst…! Moment jangan disia-siakan. Hehehehe….
Tetap berhati-hati, selalu jaga kebersihan, dan cintai alam.
Sekian dulu tulisanku ya gaes, Stay Cool And Keep Wonderfull. 🙂

Penulis : Arief G
Editor : SS.Budi
Copyright :
Basingbe.com

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *