Hati Kamu Layak Dimanja. Tahu Bahasa Inggrisnya Bulan dan Pintu?

  • Whatsapp

Foto : Muhammad Faiz Zulkeflee/Unsplash

BASINGBE.com – Suka sama seseorang, tapi orang tersebut malah suka sama yang lain. Sudah ngasih perhatian lebih tapi chat lama gak dibalas. Terlibat dalam cinta tak terbalas memang sama sekali tidak menyenangkan, dan bikin galau. Jadi kamu, bagaimana baiknya?

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Rasa sakit akibat percintaan seolah membuat dunia ini berasa runtuh. Bahkan, dari sisi keilmuan menunjukkan bahwa penolakan yang dialami oleh saraf otak, sama halnya dengan rasa sakit yang dirasakan oleh fisik. Seseorang tidak bisa untuk mengontrol perasaan, karena hati jujur apa adanya, akan tetapi seseorang dapat mengatasi rasa sakit karena penolakan dan segeralah untuk move on.

Meski ada yang bilang mudah, tapi tidak segampang yang dikira. Move on dari orang yang disukai dan memulai lagi yang baru butuh tahapan dan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Lalu bagaimana sih caranya?

Buat daftar tentang hal baik, dan berusahalah mencoba keluar dari zona nyaman

Sederhana tapi kadang sering terlupakan. Mengingat hal baik tentang diri sendiri akan membuat seseorang lebih mencintai dirinya. Sehingga, menjadi obat ampuh dalam menghadapi penolakan dan move on.

Ekspresikan hal apa yang paling disukai oleh diri kita sendiri. Misalkan, “Saya mungkin lemah saat ini, tapi saya memiliki suara yang merdu, dan saya juara tingkat RT.” Menemukan jati diri kita sendiri dan senantiasa berfikir yang positif akan menjadi solusi terbaik untuk bisa move on dan lepas dari jebakan cinta tak berbalas.

Menerima penolakan dengan lapang dada

Penolakan kadangkala dapat menyebabkan seseorang berujung pada depresi. Beberapa orang bahkan memerlukan bantuan profesional dengan segera. Penolakan cinta bagi seseorang mungkin dapat mengubah kebiasan makan dan tidur, putus asa, mood buruk, berpikiran negatif yang berpotensi membahayakan diri. Nah perlunya bantuan professional disana, eh namun kunci dari cepatnya move on adalah kamu harus terima apa adanya dan berlapang dada.

Berhenti mencintai itu lebih baik, daripada nyesek melulu.

Tak peduli seberapa sempurnanya dia, kalau aku tak bahagia dan dia tidak mencintaiku maka lepaskan. Kamu tahu bahasa inggrisnya bulan dan pintu? Ya month door alias mundur. Ambil langkah mundur dapat mengatasi rasa cinta yang tak berbalas.

Hindari sebisa mungkin untuk mengatakan hal buruk tentang dirinya pada orang lain seolah itu membuat diri merasa lebih baik. Karena ini justru hanya akan melahirkan rasa amarah yang tak kunjung reda. Tak hanya itu, rasa untuk tidak saling menyalahkan akan jauh membuat moodmu baik kembali.

Buang kenangan pada tempatnya

Anggap saja ini bagian dari masa pemulihan. Memiliki barang kenangan dari seseorang yang pernah membuatmu luka pasti akan membuat susah move on. Karena barang tersebut memiliki kenangan dan cerita yang akan menggiring imajinasi kita kembali padanya.

Ketika sudah menyingkirkan semua barang, di ibaratkan balon yang lepas ke udara dan menghilang. Namun, jika barang itu masih bagus, kita bisa donasikan ke orang lain.

Isi waktu bersama orang lain. Ekspresikan diri dengan menangis jika perlu.

Untuk mengusir rasa kesedihan, ambil waktu untuk diri sendiri. Menyangkal perasaan dengan mengatakan ‘oh ini tak ada apa-apanya’, ‘ah saya tak lagi menyukainya’ justru kadang di satu titik membuat rasa sakit semakin lama untuk bertahan.

Kamu bisa jadi butuh bantuan orang lain loh. Mintalah bantuan pada orang yang kamu percayai, yang peduli untuk mau mendengarkan, dan mengisi hari-hari yang sebelumnya mungkin dihabiskan bersama gebetan.

Bicarakan dengan seseorang supaya lega. Bila perlu ubah rutinitas, secara perlahan tidak harus drastis.

Teman yang tahu bahwa kamu butuh waktu buat sembuh dari rasa sakit akan lebih menenangkan diri kita. Namun, lebih baik kamu bicarakan dengan seseorang yang juga pernah mengalami hal serupa dan telah mampu move on dari masalahnya. Setidaknya ia telah mengalami dan tahu bagaimana mengatasinya dengan lebih baik.

Hindari minum alkohol dan memabukkan

Ketika merasa patah hati semua terasa dunia tak lagi bersahabat, aku ingin lepas dari semua ini. Eits, kadang yang tak tahan iman malah beli minuman beralkohol. Padahal kegiatan kamu dapat kamu isi dengan menonton, karaoke, berolahraga, travelling dll. Alkohol hanya jalan pintas sementara saja, dan tak membantumu sama sekali. Bahkan di tingkat tertentu akan membahayakan kesehatan.

Editor : Slamet Setya Budi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *