Ini Bahan Alami Untuk Merawat Rambut Bercabang

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Selain rambut kering, berminyak, dan berketombe, rambut bercabang juga menjadi salah satu masalah yang kerap di alami oleh banyak perempuan. Untuk itu, cara merawat rambut bercabang tak bisa dilakukan sembarangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya perawatan rambut yang dilakukan tidak sia-sia. Tetapi kalau kamu sudah berusaha merawat tapi ujung-ujung rambut masih sering muncul, tak ada salahnya Ladies mulai melakukan cara lain. Salah satunya adalah dengan mengandalkan bahan-bahan alami. Untuk memudahkan kamu, berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan bahan untuk merawat rambut bercabang dengan maksimal sebagaimana dilansir dari Kumparan.com

1. Cara merawat rambut bercabang dengan minyak kelapa

Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Bahan Alami (1)
Minyak kelapa untuk rambut Foto: Shutterstock

Menggunting ujung rambut mungkin jadi cara paling instan untuk mengatasi rambut bercabang. Tetapi minyak kelapa juga tak kalah ampuh dalam mengatasi masalah rambut yang satu ini.

Menurut penata gaya selebriti Cynthia Alvarez, rajin mengaplikasikan minyak kelapa ke batang dan ujung rambut bisa mencegah rambut kusut dan bercabang. “Minyak kelapa menghaluskan kutikula ujung rambut yang bercabang, jadi ujung rambut tidak terlihat kusut. Bukan hanya untuk mencegah kusut dan bercabang, namun minyak kelapa juga bagus untuk melembapkan rambut,” tutur Alvarez.

2. Merawat rambut bercabang dengan masker telur

Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Bahan Alami (2)
Membuat masker rambut bercabang dari kuning telur. Foto: Shutter Stock

Telur juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengatasi rambut bercabang. Jika biasanya putih telur yang dipakai untuk merawat kulit, kini justru kuning telur yang harus digunakan sebagai masker rambut.

Ladies hanya perlu memisahkan kuning telur dari putihnya. Kemudian campur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Aduk rata ketiga bahan, lalu pijatkan dengan lembut pada kulit kepala dan rambut. Setelah itu tutup dengan plastik dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas hingga bersih menggunakan air dan sampo.

3. Mengandalkan pepaya untuk merawat rambut bercabang

Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Bahan Alami (3)
Ilustrasi pepaya. Foto: Pixabay

Pepaya memang tidak memiliki banyak kandungan air seperti semangka atau melon. Namun meski begitu, enzim papain yang ada di dalam daging buah berwarna oranye ini mampu merawat kulit kering dan terkelupas, serta dapat menghidrasi dengan baik.

Ternyata manfaat tersebut juga berlaku untuk rambut. Pepaya bisa membantu melembutkan serta melembapkan rambut yang kering dan bercabang. Kamu bisa merasakan manfaatnya dengan membuat masker pepaya.Hancurkan setengah buah pepaya dengan blender atau garpu. Campur buahnya dengan 2 sendok plain yogurt.

Aduk rata hingga membentuk pasta seperti masker rambut. Setelah itu aplikasikan pada kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Bungkus rambut dengan plastik untuk menjaga kelembapannya. Lalu diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air biasa dan sampo.

4. Memanfaatkan madu sebagai kondisioner

Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Bahan Alami (4)
Ilustrasi madu. Foto: dok.Shutter Stock

Perawatan rambut bercabang dengan bahan alami lainnya yang bisa kamu coba adalah menjadikan madu sebagai kondisioner. Madu diketahui bisa membantu melembapkan rambut kering. Secara tidak langsung, manfaat tersebut bisa mencegah terjadinya rambut bercabang.

Cara membuatnya sangat mudah. Larutkan 2 sendok makan madu dalam 4 gelas air hangat. Setelah larut, aplikasikan pada rambut setelah keramas. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan secara rutin saat keramas, setidaknya seminggu tiga kali agar hasilnya maksimal.

5. Keramas dengan cuka apel

Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Bahan Alami (5)
Ilustrasi cuka apel Foto: Pixabay

Salah satu penyebab rambut bercabang adalah karena penggunaan berbagai macam produk perawatan. Sampo dan kondisioner memiliki pH basa tinggi dan mengganggu keseimbangan pH alami rambut. Hal ini ternyata bisa menyebabkan kutikula rambut terbuka dan pecah. Akibatnya membuat rambut menjadi bercabang.

Untuk mencegah kerusakan rambut karena pH yang tidak seimbang, mulai saat ini Anda bisa mengandalkan cuka sari apel.

Sifat asam pada cuka sari apel bekerja dengan sangat baik pada rambut kering dan rapuh. Selain itu, cuka sari apel juga bisa mengurangi pengelupasan kulit kepala secara alami, mengangkat residu yang menggumpal, dan membuat rambut semakin berkilau.

Melansir Marie Claire, cuka sari apel terbuat dari apel asli, ragi, dan gula. Dalam proses pembuatannya, enzim dari apel difermentasi. Proses fermentasi inilah yang membuat cuka apel dapat mengatasi rambut bercabang karena bahan ini membantu Anda untuk menutup dan menghaluskan kutikula rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan dua sendok makan cuka sari apel dengan air secukupnya. Gunakan masker ini setelah keramas pada seluruh bagian rambut dan pijat kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *