Bagiku Engkau Terbaik, Entah Berat Badan Turun Atau Naik

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Manakah yang lebih mudah: menambah atau mengurangi berat badan?. Pertanyaan yang bagus sekaligus sulit menjebak, bisa ‘kecele’ kalau kita kurang memahami topik dan mengalaminya juga hehe. Saya sendiri menjalani dua-duanya (bukan banyak baca saja), so here you go!

Dalam definisi SEHAT FIT saya ya (penting agar clear dulu sedari awal):

Bacaan Lainnya

banner 728x90
  • Target menambah berat badan: massa otot bukan lemak tubuh berlebih.
  • Target mengurangi berat badan: lemak tubuh berlebih bukan membakar massa otot juga.

NB: Semua tips ini berlaku universal, cowok&cewek. Kalau kamu cewek, jangan berpikir “berotot” ala perempuan itu sebesar Ade Rai; Cewek yang alami (tanpa steroid/hormone booster) tidak akan sebesar dan sekekar pria karena biologisnya tidak memungkinkan, cuma bisa memproduksi 1/10 lebih sedikit hormon testosterone (pembangun otot) dibanding pria!.

So yeahladies jangan takut untuk pack more muscles!! Kembangkan mental kalian, latih otot bokong (glutes), paha (quads) tuh, bisa ‘besar’ (proporsional) – kuat – seksi curvy 😛 Rajin-rajin latihan Bar Squats dengan beban berat di gym, sangat sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan tubuh keseluruhan (not just for your perfect ass&legs hehe)!

Tambahan: Ada yang mengatakan di salah satu jawaban kalau “budaya fit (diet/ gym dll)” adalah “budaya Barat”. Seriously?? Jadi, orang Indonesia gak pantas untuk punya badan dan mental yang fit kuat, juga tidak boleh/seharusnya rajin latihan/hidup sehat (a.k.a. overweight pemalas saja seumur hidup)?? You need serious help kalau mindset-mu seperti itu! Sekarang era-nya globalisasi, kompetisi makin sengit dan kompleks di berbagai bidang kehidupan.

Latihan fisik adalah salah satu bentuk dari belajar, menjadi selalu lebih baik, dan hidup disiplin, bukan untuk pamer-pameran di media sosial semata (motif shallow)! Dengan positive and strong mindset, you can conquer almost anything life throws at you! Orang Indonesia juga sudah sepantasnya berkiprah di dunia internasional, kita ini bangsa besar dan unik! Stop hidup minder atau pemalu, kejar impianmu dan wujudkan satu per satu, be a ‘bad ass’ with your own way!

Hemat saya yang paling susah itu menambah berat badan tapi dengan isi murni massa otot (pure lean muscles). Kesulitannya:

  1. Rezim latihan/workout-nya harus menantang (sulit/berat) sepanjang minggu (tiap minggu harus makin berat/susah). Jika stucked di beban/kesulitan yang sama itu-itu saja, otot tidak akan bertambah (prinsip TENSION OVERLOAD & PROGRESSIVE OVERLOAD). Latihannya harus dominan compound (gabungan grup otot), misalnya di gym: Deadlift, Bench Press, Bar Squats, Lat pull down, Rowing pull machine dll. Kalau dengan teknik Calisthenics: push-up, pull up, chin up, handstand, planche, front&back lever, dll.
  2. Nutrisi harus selalu on-point (konsisten di atas 80% per minggu). Konsumsi lean protein TIAP HARI yang optimal 0,8 – 1 gram dikalikan total berat tubuh (misalnya orang berat 60 kg butuh setidaknya 50–60 gram protein) untuk pertumbuhan otot.
  3. Jumlah maksimal jaringan otot murni (tanpa lemak berlebih) yang bisa manusia dapatkan secara alami PER BULAN adalah: PRIA max sekitar 0,9 kg (atau genapin 1 kg), dan cewek hanya setengahnya cowok. Itu pun kalau latihan + nutrisi + istirahat (tidur)-nya OK ya! Kalau ngaco, ya tidak dapat segitu juga per bulan, atau malah isinya tambah kebanyakan lemak 😛 Atlit pro yang badannya oke-oke itu butuh dedikasi bertahun-tahun (dan jadi way of life, bukan hobi lagi)!!!
  4. Not to mention, badan pegal dan risiko cidera adalah makanan saya sehari-hari. Jangan berpikir latihan menambah berat (otot) itu perjalanan yang linear konstan. You have to work both hard and smart, cidera serius = off latihan lama = massa otot berkurang mulai sejak 3 minggu stop latihan rutin.

I can tell you and guarantee that, dari pengalaman saya sendiri naik sekitar 3 kg selama 4 bulan belakangan (setelah saya cutting habis-habisan dari posisi buncit overweight sampai pernah hampir ‘sekurus’ Bruce Lee hehe).

Sebelum saya mengganggap hidup sehat fit itu gak penting (yang penting kerja dapat duit dan enjoying life jalan-jalan seperti kebanyakan orang haha):

Setelah saya cutting 5 bulanan hampir 6 bulan:

Menurunkan berat badan lebih mudah (tapi tidak berarti mudah juga) ketimbang menaikkan berat badan seperti tadi. Tinggal cutting deficit calorie sekitar 500 kal saja setiap hari, dalam 1 minggu juga bisa lost sekitar 0,5 kg berat badan (teori berat badan/lemak tubuh sekitar 0,5 kg = 3500 kalori).

Saya bisa melakukan ini dengan menambah sesi kardio dalam program mingguan saya, dan mengurangi konsumsi total kalori makanan&minuman (max 2000 kal per hari saja, 1500 kal dianjurkan sebaiknya). RISIKO CIDERA-nya jauh lebih rendah dibanding menambah berat (otot) dengan latihan berat yang saya jabarkan di awal tadi. Paling tantangan mental saja kalau jenuh berpuasa dan menghindari makan berlebih.

Tapi itu semua (keduanya) bisa jadi sangat sulit juga untuk orang-orang yang:

  1. Punya badan fit itu cuma untuk gaya-gayaan (pamer). Gak bakalan lama, nanti juga bosen sendiri dan hidup berantakan lagi. Masuk kategori lack of strong motivation/purpose lah.
  2. Obesitas parah (terutama di masalah mental/pikiran). The first cut is the deepest (pain), tapi kalau sudah turun banyak biasanya malah jadi ‘kecanduan’ dan makin termotivasi, cuma jarang saja orang yang berhasil seperti ini. Seringnya malah ‘yo-yo, naik turun dan balik ke kehidupan lamanya.
  3. Clueless/ignorant (tipis antara benar-benar tidak tahu atau memang tidak mau tahu/bebal). Saya sering ketemu 1 ‘geng’ cewek-cewek chubby (to put it nicely) di gym saya, nanyain saya ini itu, saya jelasin dasar-dasar prinsipnya, tapi ngeyel… Pertanyaan dan kelakuan ter-epic-nya adalah: “Hari Jumat besok (3 hari lagi) udah harus turun 5 kg, bisa gak?” WTF! Lalu dia lari treadmill sekian menit, habis itu langsung timbang berat badannya, habis itu duduk ngerumpi bersama teman-temannya. Dan itu terjadi berulang-ulang hampir setiap saya melihat dia ya begitu kelakuannya. Dipikirnya lemak tubuh langsung terbakar gitu kali ya kalau kita berkeringat banyak? Duh… I’m not her personal trainer though, saya juga sudah memberi tahu soal tips-nya, tapi ybs tetap ngeyel hehe.

So, what’s your target guys after reading this?

Penulis : Denis Stanislaus Toruan, International Relations Specialist di ARMORY (2020-sekarang)
Editor : Slamet Setya Budi

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *