Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Pelajari Agar Tak Gagal Lolos

  • Whatsapp

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 sudah dibuka hari ini, Sabtu 26 Agustus 2020. Masyarakat yang ingin mendaftar perlu mewaspadai beberapa penyebab gagal lolos seleksi program ini.

Pendaftaran gelombang 10 ini menyusul gelombang 9 sebelumnya yang sudah diumukan sejak Kamis 24 September 2020. Pelamar yang lolos mendapatkan sms dan mengikuti lengkah selanjutnya untuk mendapatkan insentif. Sedangkan yang gagal bisa mendaftar lagi di Gelombang 10 ini.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan pendaftar agar bisa lolos di Prakerja Gelombang 10 ini.

Dilansir dari laman resmi Prakerja, setiap seleksi gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota. Pada saat kamu melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota.Karena setiap gelombang (batch) mempunyai kuota dan periode tertentu. Oleh karena itu pendaftar disarankan segera mendaftar begitu pendaftaran dibuka.

Peserta yang gagal di periode sebelumnya juga tidak perlu melakukan pendaftaran ulang dari awal lagi.

Jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, peserta dapat mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya dan tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Selain itu, ada beberapa penyebab yang membuat pendaftar gagal atau tidak lolos seleksi Prakerja.

Berikut penyebab daftar kartu Prakerja Gelombang 10 dipastikan gagal:

  1. Disebutkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Kartu Prakerja, daftar golongan yang dipastikan gagal mendapatkan Kartu Prakerja:

a. Pejabat Negara

b. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

c. Aparatur Sipil Negara

d. Prajurit Tentara Nasional Indonesia

e. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

f. Kepala Desa dan perangkat desa

g. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

  1. Menurut Hengki, sejak merebaknya pandemi COVID-19, pelaksanaan Kartu Prakerja yang semula difokuskan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), berubah menjadi semi Bansos. Semua peserta dipastikan tidak akan dapat lolos Kartu Prakerja apabila telah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) maupun bantuan upah gaji dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Jika sudah memahami itu, perhatikan lagi cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 10. Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 10:

  1. Buka situs https://www.prakerja.go.id
  2. Login, bagi yang sudah terdaftar silakan login email dan password. Bagi yang belum daftar, klik daftar. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Klik Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku. Lalu klik daftar.
  3. Setelah daftar, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email.
  4. Lalu verifikasi KTP dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir kamu.
  5. Kemudian masukkan data diri dan nomor HP. Setelah itu kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  6. Berikutnya saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.
  7. Setelah itu, tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil atau pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.
  8. Pilih Pelatihan yang diinginkan. Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Dalam program Kartu Prakerja Gelombang 10, peserta akan mendapat Rp 3.550.000. Rinciannya yakni uang saku Rp 2,4 juta atau Rp 600 ribu per bulan. Kemudian Rp 1 juta untuk pelatihan dan Rp 150 ribu sebagai insentif usai pelatihan selama 3 bulan.

Para calon pendaftar Prakerja Gelombang 10 harus memasukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), telepon, dan alamat email dengan benar. Pasalnya data-data ini merupakan faktor penting dalam proses pendaftaran.

Peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 10 akan menerima SMS pemberitahuan. Jika tidak, maka peserta bisa mendaftar ulang di gelombang selanjutnya.

Kartu Prakerja Gelombang 10 ditutup pada Senin (28/9/2020). Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang selanjutnya dibuka biasanya tiga sampai empat hari setelah penutupan gelombang sebelumnya.

banner 728x90
banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *