Penyebab Keyboard Rusak, Ini Cara Efektif Memperbaikinya

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Salah satu masalah yang merepotkan bagi para pengguna laptop adalah jika ada bagian keyboard yang tiba-tiba tidak berfungsi. Tentu saja, hal ini dapat menghambat pekerjaan seseorang dan cukup membuat kesal. Bagaimana pun, keyboard adalah salah satu bagian terpenting pada laptop.

Namun karena sering digunakan, keyboard juga menjadi salah satu bagian yang paling rentan rusak. Dilansir dari laman PC Mag, ada dua hal yang bisa menyebabkan tidak berfungsinya keyboard pada laptop, penyebabnya bisa karena software dan hardware.

Read More

Cobalah untuk mengakses BIOS pada laptop Anda untuk mengetahui penyebab kerusakan ini. Caranya dengan matikan dan nyalakan kembali perangkat laptop Anda. Tekan tombol F2 atau Delete berulang kali ketika laptop sedang proses booting. Apabila Anda bisa masuk dan menggunakan keyboard, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada software dan sebaliknya.

Cek Penyebab Kerusakan

Pertama-tama Anda harus memastikan dulu penyebab kerusakan keyboard laptop Anda. Biasanya ada dua penyebab keyboard tidak berfungsi, yaitu ada masalah pada hardware atau software laptop. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengakses BIOS laptop Anda. Jika Anda bisa masuk dan menggunakan keyboard, maka besar kemungkinan software-nya lah yang mengalami kerusakan.

Bersihkan Keyboard dari Debu

Faktor kebersihan ternyata juga membawa efek pada kinerja keyboard, lho. Bila ada beberapa tombol yang tidak berfungsi, sedangkan tombol lainnya tidak bermasalah, bisa jadi keyboard Anda terhambat oleh debu yang menumpuk. Anda mungkin tidak menyangka hal tersebut mungkin terjadi, bukan?

Untuk itu Anda harus menjaga kebersihan keyboard laptop Anda. Cara membersihkan debu pada keyboard yang efektif adalah dengan memiringkan laptop hingga 75 derajat, lalu goyang-goyangkan laptop Anda untuk menyingkirkan debu yang menempel. Namun sebelumnya laptop harus dalam keadaan mati. Jika perlu, Anda bisa memiringkan laptop hingga 90 derajat. Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian atas dan bawah keyboard menggunakan selotip. Kemudian cek semua tombol, apakah sudah berfungsi atau belum.

Nyalakan Ulang Laptop

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah seluruh keyboard tidak merespon secara tiba-tiba. Penyebabnya mungkin ada masalah pada software atau driver laptop Anda. Cara memperbaiki laptop jika masalahnya seperti ini adalah dengan menyalakan ulang laptop (restart). Biasanya cara ini sudah dapat memperbaiki masalah tersebut. Bila Anda tidak berhasil melakukan restart dari menu Start, coba tekan tombol Power selama 5 detik, maka laptop Anda akan menyala ulang.

Restore Windows

Meng-install aplikasi baru atau mengubah pengaturan laptop juga bisa menjadi penyebab keyboard berhenti berfungsi. Untuk mengatasinya, coba untuk restore Windows laptop Anda. Cara ini memiliki kemungkinan besar berhasil dalam memperbaiki masalah pada keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik menu Start, lalu cari menu Control Panel, klik menu tersebut.
  2. Pilihlah menu System and Security dan pilih Back up your computer.
  3. Selanjutnya, klik Recover system settings or your computer.
  4. Klik Open System Restore.

Selanjutnya Anda cukup mengikuti Wizard sederhana untuk me-restore Windows Anda dan laptop Anda pun akan melakukan reboot. Jika memang sistemnya yang bermasalah, maka cara ini sudah dapat menyembuhkan keyboard laptop Anda.

Memperbaiki Driver Keyboard

Masalah lainnya yang bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi adalah driver keyboard sudah lawas atau ada aplikasi perusak yang membuat keyboard jadi kurang responsif. Cek dan pastikan fungsi dari driver keyboard Anda melalui menu Device Manager. Begini langkah-langkahnya:

  1. Klik menu Start dan pilih Control Panel.
  2. Setelah itu klik System and Security dan pilih Device Manager.
  3. Di dalam menu tersebut terdapat driver untuk semua perangkat keras yang ada di dalam laptop.
  4. Pilih menu Keyboard dan pilih menu driver di bawahnya.

Bila di atas menu tersebut terdapat tanda segitiga kuning dengan tanda seru di dalamnya, berarti memang ada masalah pada driver keyboard Anda. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya update driver keyboard dengan mengunduhnya di website resmi dari produsen laptop Anda. Carilah driver yang terbaru dan sesuai untuk laptop Anda, lalu unduh dan install.

Bila semua cara memperbaiki keyboard di atas tidak membuahkan hasil, maka kemungkinan masalahnya terdapat pada hardware. Satu-satunya solusi adalah dengan membawanya ke service center resmi jika laptop Anda masih memiliki garansi. Namun jika garansinya sudah habis, mintalah bantuan dari teknisi komputer yang terpercaya. Pusat masalah biasanya ada pada kawat kecil seperti kabel pita yang terputus. Untuk memperbaikinya tidak terlalu sulit.

Namun bila masalahnya ternyata lebih besar dan membutuhkan biaya perbaikan yang mahal, maka Anda harus mempertimbangkan untuk tetap memperbaiki atau membeli laptop baru. Jika terhalang masalah biaya, untuk sementara Anda dapat memakai keyboard USB eksternal untuk mengerjakan aktivitas Anda.

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *