[HOAKS] Foto Pesan SBY untuk Pemerintah

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Dilansir dari situs Kementrian Komunikasi dan Informatika terkait Postingan yang diunggah oleh Akun Facebook dengan nama Anti Provokasi adalah HOAX. Dalam postingannya yang berupa foto mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disertai sebuah kalimat seolah-olah diucap langsung beliau yakni “rakyat punya hak untuk mengkritik. Jadi gapapa kalo demo anarkis, sekalian saya tambah pasukan.” Postingan tersebut diunggah pada 15 Oktober 2020.

Berdasarkan penelusuran, klaim SBY yang mengatakan rakyat punya hak untuk mengkritik dan tidak masalah kalau demo anarkis, sekalian tambah pasukan adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, hal tersebut tidak pernah dikatakan oleh SBY. Gambar tersebut merupakan hasil suntingan dari tangkapan layar video yang diunggah pada YouTube Channel Susilo Bambang Yudhoyono, yang berjudul “Keterangan Pers SBY terkait Polemik antara Amien Rais dan Luhut B. Panjaitan”, namun tidak ditemukan kalimat yang serupa dengan unggahan gambar  tersebut.

Read More

Sementara itu, dilansir dari Turnbackhoax.id, ditemukan video yang sama dengan gambar tersebut. Dalam video yang berjudul “pesan SBY untuk pemerintah” dan video yang sama pada channel YouTube Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak ditemukan kata-kata tersebut.

“Rakyat punya hak untuk menyampaikan kritik pandangannya ketidak sukanya kepada negara, pemimpin itu kalau mendengarkan rakyatnya itu perlu untuk introspeksi. Jadi sekali lagi harapan saya saudara-saudara saya rakyat Indonesia menyampaikan kritik, ya kritik yang proporsional. Kalau statement yang seperti pemerintah berbohong harus disertai bukti, tetapi silahkan gunakan untuk kepentingan bangsa kita” menit ke 4:16 pada Youtube Susilo Bambang Yudhoyono 23 Maret 2018.

Dengan demikian, klaim bahwa Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan “Rakyat punya hak untuk mengkritik Jadi gapapa kalo demo anarkis, sekalian saya tambah pasukan” adalah tidak benar. Faktanya, hal tersebut tidak pernah dikatakan oleh SBY pada video asli di Youtube dan gambar pada postingan Facebook adalah tangkap layar dari video tersebut, sehingga hal ini masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:

https://youtu.be/QsGAkYi8I_I
https://youtu.be/7zLtU_U3fK8
https://republika.co.id/berita/p5xcbl409/sby-minta-amien-rais-dan-luhut-segera-selesaikan-polemik

Editor : Slamet Setya Budi

Siapakah Cagub dan Cawagub Jambi 2020 Pilihan Kamu? Live

  • Drs. H. Cek Endra - Hj. Ratu Munawaroh
    23% 45 / 189
  • Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum - Drs. H. Syafril Nursal, S.H., M.H
    47% 89 / 189
  • Drs. H. Alharis, S.Sos., M.H - Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I
    29% 55 / 189
  • Whatsapp
banner 72890