Titik Terendah Insecure Ketika Merasa Tak Pantas Untuk Siapapun

  • Whatsapp
woman, mysterious, traveler

BASINGBE.COM – Insecurity adalah perasaan yang diselimuti keraguan dan rendahnya rasa percaya diri. Perasaan ini sangat umum terjadi, apalagi di era media sosial seperti sekarang ini.Melihat kehidupan orang lain yang nampak lebih bahagia bisa dengan mudah membuat seseorang merasa insecure terhadap dirinya sendiri.

Dilansir dari Halodoc.com, insecure yang berlebihan dan tak kunjung diatasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental lho, seperti depresi, gangguan kepribadian, gangguan kecemasan, paranoid, gangguan makan, dan masalah pada body image.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Tapi tahukah kamu? Insecure yang tidak berlebihan dapat memberikan dampak positif bagi diri kamu. Dengan Insecure, kamu akan lebih mengenal dirimu. Hal ini dapat membantu kamu dalam proses perkembangan diri lho.

Mengenal insecurity dan penyebabnya

Insecurity sering kali menyebabkan pikiran negatif dalam diri kamu. Beberapa gejala yang menyertai insecurity adalah munculnya rasa ketakutan, gelisah, dan kurangnya percaya diri yang bisa berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan insecurity. Mulai dari peristiwa traumatis, krisis seperti perceraian atau kebangkrutan, atau bisa juga karena faktor lingkungan.

Orang yang berulang kali merasa tidak aman atau insecure mungkin juga memiliki rasa percaya diri yang rendah, mengalami masalah citra tubuh, kurang arah dalam hidup, atau merasa diabaikan oleh orang lain.

Tips mengatasi insecurity dari diri sendiri

Untuk mengatasi permasalahan insecurity ini, kamu bisa memulainya dari dalam diri sendiri terlebih dahulu.

Tidak ada siapapun yang lebih mengenal kamu daripada dirimu sendiri. Jadi, kamu pasti tau dong apa yang menjadi kekurangan kamu.

1. Maafkan kejadian di masa lalu

Tidak ingin keluar dari zona nyaman? Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh kejadian masa lalu yang menimpa seseorang. Misalnya dikhianati atau pengalaman buruk lainnya. Maka, maafkanlah masa lalumu

2. Terima kondisi diri sendiri

Perlu diingat bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangannya dan cara masing-masing untuk memperbaiki kekurangannya tersebut.

Jadi, jangan pernah merasa insecure lagi hanya karena satu kekurangan diantara banyak kelebihan yang kamu miliki.

3. Berhenti membanding-bandingkan dengan orang lain

Salah satu penyebab munculnya perasaan insecure adalah karena kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang lain. Saat menjadi siswa dan mahasiswa, kamu pasti akan membandingkan diri kamu dengan yang lebih pintar, sering menjadi juara, atau aktif di banyak organisasi.

Setiap orang punya jalur masing-masing. Kamu tidak bisa membandingkan jalan hidup mereka dengan jalan hidupmu.

4. Motivasi Diri

Membandingkan diri dengan orang lain itu kebiasaan yang wajar lho dan gak perlu kamu hindari. Selama kamu dapat menyikapi kebiasaan ini secara positif, kamu dapat mengetahui ada di titik mana kemampuan kamu saat ini. Sehingga kamu dapat termotivasi untuk membuat dan mewujudkan goal yang lebih tinggi.

5. Percayalah semua akan baik-baik saja

Salah satu penyebab utama rasa insecure adalah takut akan kegagalan dan penolakan. Padahal dalam hidup, terkadang kamu hanya harus mengambil risiko tersebut.

Sebab, ada lebih banyak hal yang bisa dipelajari dari kegagalan ketimbang keberhasilan. Jika kamu gigih, pada akhirnya kegagalan tersebut dapat kamu hindari.

Setelah mengetahui apa itu insecure serta tanda-tandanya, lalu bagaimana kita menghadapi perasaan insecure tersebut?

Kamu dapat melakukan beberapa cara, seperti membangun kembali rasa percaya diri dengan menerima diri kita sendiri.

Habiskan waktu dengan orang-orang yang menghargai dirimu dan saling bertukar pikiran, tidak bergantung pada orang lain, serta berikan dirimu reward atas usaha kamu melawan rasa insecure.

Penulis : Slamet Setya Budi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *