Hitung Cepat Pilgub Jambi Versi Charta Politica Cek Endra Sementara Unggul

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Rabu, 9 Desember 2020 Provinsi Jambi telah melaksanakan Pemilihan Umum Kepala daerah untuk memilih pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jambi untuk periode 2021 – 2024.

Para pemilih menggunakan hak suaranya di masing-masing TPS. Lalu, setelah seluruh pemilih selesai mencoblos yakni pada pukul 13.00 WIB, KPPS melakukan penghitungan surat suara di masing-masing TPS. Kemudian, hasil perhitungan tersebut dikumpulkan di tingkat PPS (Kecamatan) untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil Penghitungan suara akhir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang dihadiri oleh saksi masing-masing pasangan calon, pemantau dan anggota masyarakat.

Read More

Hasil penghitungan yang dianggap sah atau resmi adalah penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU. Namun untuk mendapatkan hasil semetara suara yang diperoleh masing – masing paslon ada beberapa lembaga survey independen untuk melakukan penghitungan cepat atau biasa disebut Quick Count (Hitung Cepat), Real Count.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Apnizal mengatakan sebanyak sembilan lembaga survei baik yang berbasis di Jambi maupun di Jakarta sudah mendaftar untuk melakukan quick count hasil pilkada.

“Sembilan lembaga yang mendaftar, ada dari lokal dan lembaga survei nasional,” katanya, Rabu (9/12).

Lembaga – lembaga survei tersebut antara lain Pool Tracking, Aksara Data Riset Center (ADRC), Indikator Politik Indonesia, Indo Barometer, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Lembaga Survei Indonesia (LSI), Puspoll Indonesia, Charta Politika, dan Citra Komunikasi (Cikom)- LSI.

Sementara, hasil penghitungan suara oleh KPU merupakan penghitungan resmi atau manual oleh KPU menentukan siapa yang menjadi pemenang unggul dengan suara terbanyak pada Pilkada Provinsi Jambi Tahun 2020.

Berikut ini hasil perolehan suara sementara Hasil Quick Count Pilgub Provinsi Jambi 2020 terbaru yang dirilis Lembaga Survey Indonesia (LSI) (9/12/2020) Pukul 16.44 dengan total data masuk 86,77% :

Nomor urut 1, Cek Endra-Ratu Munawaroh mendapat suara sebanyak 35,96 persen.

Nomor urut 2, Pasangan Fachrori Umar – Syafril Nursal memperoleh suara sebanyak 24,79 persen.

Nomor urut 3, Al Haris – Abdullah Sani mendapat suara sebanyak 39,25  persen.

Sementara itu, Paslon nomor urut 1 unggul tipis dilansir dari Lembaga Survey Charta Politica (9/12/2020) Pukul 16.44 dengan total data masuk 92,67%.

Nomor urut 1, Cek Endra-Ratu Munawaroh mendapat suara sebanyak 38,02 persen.

Nomor urut 2, Pasangan Fachrori Umar – Syafril Nursal memperoleh suara sebanyak 24,51 persen.

Nomor urut 3, Al Haris – Abdullah Sani mendapat suara sebanyak 37,47 persen.

Penulis : Slamet Setya Budi

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *