Pasangan Calon Kepala Daerah Yang Terpilih di Pilkada Jambi 2020

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Gelaran pemilihan kepada daerah serentak di Provinsi Jambi tahun 2020 telah usai. Tak sedikit terjadi beberapa kejutan mulai dari selisih presentase suara yang tipis hingga kemenangan dengan selisih yang besar.

Sejak Rabu, 9 Desember 2020, KPU telah melakukan hitung cepat berdasarkan data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. Hingga, Kamis, 17 Desember 2020, data yang masuk sebagian besar telah mencapai 100%. Sehingga sudah dapat ditentukan kandidat pemenang dalam gelaran Pilkada Serentak 2020. Berikut, deretan Calon Bupati dan Wakil Bupati Serta Calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Kabupaten Batanghari

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tingkat Kabupaten serta Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati Wakil Bupati Batanghari Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Gedung Pemuda Muarabulian. Rabu (16/12).

Dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Batanghari, Pasangan Calon nomor urut 3 keluar sebagai peraih suara terbanyak. Pasangan Muhammad Fadhil Arief, S.E. – Bakhtiar yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan didukung Partai Gelora serta PKPI unggul dengan presentase 37,8% atau mendapatkan 60.842 suara.

Sementara itu, Paslon yang mendapatkan suara kedua yakni Paslon nomor urut 1. Hj. Yunninta Asmara, S.H. – H. Muhamad Mahdan, S.Kom. mendapatkan presentase suara sebesar 31,5% atau total suara 50.486. Paslon Yunninta Asmara dan Muhammad Mahdan diusung Partai Golkar, PDIP, Partai Gerindra, dan Partai Perindo.

Disamping itu, Paslon dr. Muhammad Firdaus, MARS – Camelia Puji Astuti, S.Sn., MA mendapatkan presentase suara sebesar 30,7% atau total suara 49.528. Paslon Muhammad Firdaus dan Camelia Puji Astuti diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Berkarya. 

Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Beralih ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dimana pasangan nomor urut 2 yang diusung oleh PAN, PKS dan Gerindra mendapatkan perolehan suara terbanyak.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi serta Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat dalam pemilihan serentak tahun 2020 yang di gelar selama dua hari di balai pertemuan Kantor Bupati oleh KPU Tanjab Barat telah usai, Kamis (17/12/20).

Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag – Hairan, SH mendapatkan presentase suara sebesar 44,7% atau total suara 67.434.

Sementara itu, Paslon yang mendapatkan urutan kedua yakni Paslon nomor urut 1. Mulyani Siregar, SH – M. Amin mendapatkan presentase suara sebesar 34,4% atau total suara 51.837. Paslon Mulyani Siregar – M. Amin diusung oleh PDIP, Golkar dan PPP

Untuk suara terbanyak ketiga, yakni Paslon nomor urut 3. Drs. H. Muklis, M.Si – Supardi, SH mendapatkan presentase suara sebesar 20,9% atau total suara 31.501. Drs. H. Muklis, M.Si – Supardi, SH diusung oleh Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, dan Partai Berkarya, sreta Demokrat. 

Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Selanjutnya menuju Pilkada di Kabupaten Tanjung Jambung Timur. Berdasarkan hasil dari data masuk Situng KPU sebesar 97,40, pasangan calon petahana Romi Hariyanto dan Robby Nahliansyah menang telak dari pasangan calon Abdul Rasyid dan Mustakim.

Pasangan H. Romi Hariyanto, SE – H. Robby Nahliyansyah, SH mendapatkan presentase suara sebesar 76,9% atau total suara 94.653. Paslon H. Romi Hariyanto, SE – H. Robby Nahliyansyah, SH maju melalui jalur Independen alias tidak melalu jalur partai politik.

Selain itu, paslon Abdul Rasyid dan Mustakim, yang diusung PDI Perjuangan, PBB, serta NasDem, mendapatkan presentase suara sebesar 23,1% atau total suara 28.471

Kabupaten Bungo

Petahana kembali berjaya di Pilkada Kabupaten Bungo tahun 2020. Pasangan calon Bupati Bungo nomor urut 2, H Mashuri dan H Safrudin Dwi Aprianto (Hamas-Apri) berhasil meraih suara terbanyak dalam pilkada Kabupaten Bungo, 9 Desember 2020. Hal itu berdasarkan pleno perolehan suara Komisi Pemilihan Umum(KPU) yang berakhir dini hari pukul 00.45 WIB, Kamis (17-12-2020).

Dari data KPU Kabupaten Bungo, dalam pleno penetapan hasil suara pemilihan bupati dan wakil Bupati Bungo tersebut, pasangan nomor urut 1, H Sudirman Zaini-Erick Muhammad Hendrizal (SZ-Erick) memperoleh 66.773 suara, atau 40,59 persen dari total suara sah 164.497 suara.

Sementara pasangan Hamas-Apri jauh mengungguli, yaitu memperoleh 97.724 suara atau 59,41 persen dari 164.497 suara sah. Jika dilihat dari hasil ini, pasangan Hamas-Apri berhasil unggul dari SZ-Erick sekitar 19 persen atau selisih 30.951 suara.

Baca Juga : ‘Gerbong Besar’ Petahana di Pilkada Bungo 2020

Kota Sungai Penuh

Bergeser ke Kota Sungai Penuh, Pilkada yang diwarnai dengan beberapa kejadian memberikan warna tersendiri.

Ketua KPU Sungaipenuh Irwan pada akhir pleno menyebutkan pasangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni unggul perolehan suara dengan rivalnya Fikar Azami-Yos Adrino. Ahmadi-Antos mendulang 28.783 suara (51,44 peersen) sementara Fikar Azami-Yos Adrino memperoleh 27.170 suara atau (48,56 persen). Dari jumlah DPT 68.097 yang menggunakan hak pilihnya 57.334. Sisa suara yang tidak terpakai 10.763.

Untuk diketahui, Paslon Ahmadi Zubir-Alvia Santoni diusung partai PPP, Berkarya, dan PDIP yang memiliki total 5 kursi di DPRD.
Sementara itu, Fikar Azami – Yos Adrino didukung oleh mayoritas Parpol di DPRD Kota Sungai Penuh yakni partai Demokrat (6 kursi) PAN ( 3 kursi) Hanura (3 kursi), PKS, Gerindra dan Nasdem masing – masing  (2 kursi) serta PKB masing – masing (1kursi).

Untuk update lengkap dan real time Pilkada Serentak Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota se Provinsi Jambi dapat klik https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/15

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *