Presiden Kocok Ulang Kabinetnya, Ini Menteri Barunya

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Presiden Joko Widodo melakukan kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah menteri lama dicopot dan digeser posisinya, dan ada pula orang baru yang diangkat untuk membantu kerja-kerja pemerintahan hingga 2024 mendatang.

Mereka semua diperkenalkan di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Selasa (22/12). Berikut daftar menteri Kabinet Indonesia Jilid 2 hasil kocok ulang atau reshuffle.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Posisi Juliari Peter Batubara yang kini menjadi tersangka dugaan korupsi bansos Covid-19 oleh KPK, digantikan Tri Rismaharini menjabat Menteri Sosial.

Sementara kursi Wishnutama yang sebelumnya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif digeser oleh Sandiaga Salahudin Uno.

Adapun kursi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) diisi oleh Sakti Wahyu Trenggono yang sebelumnya menempati Wakil Menteri Pertahanan. Jabatan Menteri KKP kosong setelah Edhy Prabowo dicokok petugas KPK dalam dugaan korupsi benih lobster atau benur.

Fachrul Razi yang sebelumnya menduduki kursi Menteri Agama juga harus keluar dari Kabinet Indonesia Maju, digantikan Yaqut Cholil Qoumas.

Posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan juga dirombak ulang dan kini diisi M Luthfi.

Terawan Agus Putranto yang lebih setahun ini menjabat Menteri Kesehatan pun harus lengser. Ia digantikan Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat Wamen BUMN.

Jauh hari, Jokowi pernah menyampaikan bahwa dirinya tak sungkan untuk melakukan reshuffle. Terutama terhadap menteri atau petinggi lembaga negara yang bekerja biasa-biasa saja di tengah pandemi virus corona (SARS-CoV-2).

“Langkah apapun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita, untuk negara. Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya,” kata Jokowi pada Juni lalu.

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *