Turap Sepanjang 32 Meter Baru Selesai Dibangun Ambruk

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Proyek pembangunan turap penahan tebing yang berlokasi di RT 02, Dusun Tanggo Bulian, Desa Teriti Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, sepanjang 32 meter Ambruk pada Rabu (30/12/2020). Turap merupakan dinding vertikal yang berfungsi untuk menahan tanah ataupun menahan masuknya air ke dalam lubang galian.

Formasinya sendiri membentuk seperti dinding vertikal, yang gunanya untuk menahan timbunan tanah atau tanah yang berlereng.

Penyebab ambruknya turap di Desa Teriti Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo tersebut belum diketahui. Padahal proyek yang bernilai Rp 469.102.000 dan bersumber dari dana APBD Provinsi Jambi Tahun 2020 itu, baru saja selesai dibangun.

Read More

Peristiwa ambruknya turap sempat diunggah oleh Zachairi Candra pada Rabu (30/12/2020) malam. Ia sempat berharap bahwa turap tersebut dapat menjadi objek wisata.

“Baru mau di posting, biar semua tau kalau Desa Teriti sekarang sudah punya Turap, siapa tau bisa jadi Objek wisata. Eh malah Viral duluan” tulisnya dalam akun Facebook pribadinya

Ambruknya turap tersebut yang dikerjakan oleh rekanan dari CV. ARAFAH bersumber dari dana PUPR provinsi Jambi melalui bidang sumber daya air, tampak menjadi tontonan warga dan mengabadikan momen yang dibagikan ke media sosial.

“Kalau seperti ini bangunannya wajar ambruk. Kondisi sungai tidak dalam. Juga tidak ada hujan lebat. Kita minta pemerintah desa lapor saja ke bupati,” ujar Am tokoh warga setempat. Kamis (31/12/2020) dilansir dari Sindonews.com

Sementara itu, Terlihat jelas dari papan proyek yang masih tertera di lokasi proyek turap tersebut.  Dengan nomor kontrak proyek yakni, No. 614.11/12.a/DPUPR-4.3/17.03/IX/2020 tanggal 16 September 2020.

Sementara itu, waktu pelaksanaan proyek tersebut selama 90 hari waktu kalender. Degan konsultan pengawas yakni CV. Ratu Daha Konsultan. Disamping itu, proyek turap di Desa Teriti Kecamatan Sumay dikerjakan oleh rekanan dari CV. ARAFAH bersumber dari dana PUPR Provinsi Jambi melalui bidang sumber daya air. Hingga berita ini release belum ada pihak yang berkompeten untuk menanggapi ambruknya proyek tersebut.

Penulis : Slamet Setya Budi

[IT_EPOLL id="3035"][/IT_EPOLL]

Related posts

banner 72890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *