Serius Nanya, Masih Kuat Dengan Kesendirian?

  • Whatsapp
window, girl, alone

BASINGBE.com – Memilih untuk menepi sejenak dari hiruk pikuk percintaan atau kisah kehidupan memang sebuah pilihan, dan itu tak salah. Kesendirian bukan berarti kita tak mampu untuk mendapatkan pasangan atau tak menyukai keramaian, akan tetapi ini cara terbaik untuk fokus dengan cita – cita, impian, dan mengenali diri sendiri.

Namun yang patut kita perhatikan ialah apakah kesendirian tersebut disebabkan oleh hal yang normal sehingga berdampak pada hal positif, ataukah sebaliknya. Emosi manusia itu kompleks alias tergantung dengan mood. Ada kalanya seseorang ingin berada di keramaian, tapi kadang lebih suka menyendiri. Sebelum asal nge-judge, ada baiknya ketahui kesendirian yang normal dan mana yang perlu dikhawatirkan.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Makan sendiri, asik dengan hape sendiri, menepi sendiri, nonton di bioskop sendirian, ngopi di coffe shop sendirian. Adakalanya aktivitas tersebut sering dianggap aneh, bahkan kerap disalahartikan sebagai tanda depresi. Padahal, itu belum tentu loh.

Depresi merupakan suatu gangguan suasana hati atau perasaan yang menyebabkan seseorang mengalami kesedihan yang sangat luar biasa. Bahkan, dapat menimbulkan kehilangan semangat hidup, gairah, dan tak ada lagi kesenangan dari berbagai aktivitas yang mereka dilakukan.

Selain itu, depresi juga dapat memicu gejala psikomatis atau masalah fisik maupun emosional, bahkan bisa membuat seseorang berpikir untuk mengakhiri hidupnya bila tak tertangani dengan benar.

Akan tetapi, kesendirian yang terlalu lama akan menyebabkan permasalahan yang cukup kompleks. Dilansir dari Republika.co.id Sebuah studi dari Fakultas Kedokteran Universitas San Diego menyebut, terlalu lama sendiri dan kesepian sama berbahayanya dengan efek merokok dan obesitas. Itu juga berkaitan dengan kematian dini, terutama bagi orang dewasa paruh baya atau mereka yang sudah pensiun.

Studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal ‘Penuaan dan Kesehatan Mental’, menemukan bahwa pengalaman orang hidup dengan kesepian dibentuk oleh sejumlah faktor pribadi dan lingkungan. Kehilangan pasangan atau orang yang berharga dan minimnya keterampilan diduga menjadi penyebab utama seseorang merasa kesepian.

Jadi menyendiri itu boleh, dengan kesendirian itu pilihan akan tetapi pahami apakah itu berdampak panjang pada kesehatan, tingkah laku, ataukah berdampak positif. Ingat kesendirian terlalu lama maka dapat dijauhi oleh teman – temanmu karena menganggap kamu tak mau diganggu.

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *