Ternyata Ini Beberapa Penyebab Daun Cabai Kering

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Diantara kendala atau permasalahan yang dialami dalam budidaya tanaman cabe baik itu penanaman dengan sistem polybag ataupun penanaman di lahan yaitu daun tanaman cabe mengalami kuning gosong kering seperti terbakar dan lama-lama rontok  berguguran sehingga tanaman tidak tumbuh dengan baik.

Jika terjadi gejala demikian, sebaiknya jangan langsung melakukan tindakan penanganan sebelum diketahui apa penyebab dari keringnya daun tersebut, karena gejala ujung daun mengering seperti terbakar itu ada beberapa faktor penyebabnya, sehingga tidak bisa begitu saja mendiagnosa tanpa melakukan pengamatan terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Maka dari itu agar tidak salah dalam penanganan, sebaiknya lakukan pengamatan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya supaya proses penanganan yang dilakukan tepat sasaran, karena penanganan yang salah dapat menyebabkan produktivitas tanaman terganggu, pertumbuhan kerdil, produktivitas menurun bahkan yang lebih fatal dapat menyebabkan kematian pada tanaman cabe.

Untuk mengetahui apa saja penyebab daun cabe kering, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Sengatan sinar matahari yang berlebihan

Faktor penyebab daun cabe kering yang pertama adalah karena diakibatkan sinar matahari yang berlebihan sehingga tanaman kekurangan air. Gejala ini ditandai dengan permukaan daun yang tampak layu seperti tersiram air panas, dan keringnya daun biasanya tidak menyeluruh hanya ½ bagian saja yang terpapar langsung dengan sinar matahari.

Penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan memantau kondisi media tanam, jika memang kekurangan air segera lakukan penanganan dan selalu menjaga ketersediaan air jangan sampai kekurangan.

 Serangan Penyakit

Penyebab keringnya daun cabe yang ke 2 yaitu akibat serangan penyakit terutama terjadi saat musim hujan yaitu jamur patogen phytophthora infestans. Gejala penyakit ini akan menyebabkan bercak-bercak hitam pada pucuk tanaman cabai dan lama-lama mengering dan gosong seperti terbakar. Apabila pengendalian tidak dilakukan dengan segera, dapat berakibat pada kematian tanaman.

Penanganan yang dapat dilakukan adalah melakukan perbaikan tanah dengan menjaga tingkat derajat keasaman tanah dalam kondisi netral. Dan untuk penggunaan pestisida maka gunakanlah pestisida yang tepat seperti pestisida berbahan aktif mancozeb, azoksistrobin atau difenokonazol untuk mengendalikan penyakit ini.

 Kelebihan Nitrogen

Faktor penyebab daun cabe gosong seperti terbakar yang ke 3 yaitu adalah defisiensi nutrisi yang artinya tanaman mengalami kelebihan nitrogen. Untuk pencegahannya sebaiknya kurangi penggunaan pupuk-pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi. Penggunaan unsur nitrogen berlebihan akan mengakibatkan tanaman mengalami kepanasan, sehingga daun akan seperti terbakar dan gugur.

Penanganan yang dapat dilakukan adalah melakukan pemupukan berimbang, terutama menggunakan pupuk dengan kandungan unsur ZN, sulfur, boron, kalium dan kalsium. Untuk penggunaan pupuk NPK, gunakanlah pupuk NPK Phonska Plus dimana didalamnya sudah terkandung unsur ZN dan sulfur untuk memperbaiki kembali pucuk daun yang gosong dan terbakar. Atau juga bisa menggunakan pupuk dengan kandungan fosfor yang sangat tinggi seperti pupuk Ultradap dan KNO3 Merah.

 Serangan Hama Thrips dan Aphids

Faktor penyebab daun gosong dan kering yang selanjutnya adalah hama thrips dan aphids. Gejala tanaman yang terserang thrips adalah dibagian bawah daun terdapat warna keperak-perakan seperti tembaga. Hama thrips ini akan menghisap jaringan-jaringan daun yang masih muda terutama pada pucuk yang lama-lama mengakibatkan daun keriting dan nantinya daun akan mengalami keguguran dan juga ditandai dengan mengeringnya bunga yang ada di pucuk karena jaringannya sudah mati.

Penanganan yang harus segera dilakukan adalah seera memangkas daun-daun yang kering agar tumbuh tunas muda baru. Dan untuk penggunaan insektisida, gunakanlah insektisida sesuai jasad sasaran yaitu dengan insektisida berbahan aktif abamektin atau diafenthiuron. Penanganan selanjutnya yang harus segera dilakukan adalah pemupukan untuk mengembalikan pertumbuhan tanaman cabe tersebut.

Jika penanganan tidak segera dilakukan akan berakibat fatal karena hama thrips merupakan hama vektor yang dapat menularkan virus mosaik atau virus gemini pada tanaman cabe.  

Demikian ulasan mengenai penyebab daun cabe kering dan cara mengatasinya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *