Ini Bisnis Tukul Arwana, Tetap Cuan Ditengah Pandemi

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Siapa sih yang tidak mengenal Komedian sekaligus presenter Tukul Arwana. Ia salah satu pesohor yang tak tersentuh gosip miring maupun masalah perekonomian disaat pandemi Covid-19. Khusus untuk finansial, kenapa Tukul Arwana tetap stabil, yaitu berkat usaha ratusan kontrakan yang dimiliknya.

Diketahui, Pria yang memiliki nama asli Tukul Riyanto itu mempunyai sedikitnya 200 pintu kontrakan dikawasan yang cukup elit. Maka wajar jika dalam sebulan ia bisa mengantongi uang sedikitnya setengah miliar rupiah.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Dilansir dari kanal YouTube Atta Halilintar, terungkap bahwa kontrakan Tukul tersebar di beberapa tempat, yaitu di antaranya Sawangan Golf, Ciledug, Bintaro, dan Kahuripan, Jawa Timur.

Katanya, Mas Tukul nih punya kontrakan 200, gaes! 200 pintu! kata Atta Halilintar seperti dikutip dari kanal YouTube-nya, Senin (3/5/2021).

Dari ratusan pintu kontrakan itu, Tukul mengaku meraup ratusan juta rupiah per bulan, hingga mencapai setengah miliar rupiah.

“Ya, alhamdulillah” jawab Tukul secara singkat. Lalu, Atta menegaskan “Omset setengah M lah, ya? tanya Atta lagi.

“Alhamdulillah,” kata Tukul sembari tersenyum dan mengiyakan.

Lalu bagaimana sih tips untuk usaha kos – kosan agar produktif dan menghasilkan cuan?

1. Pastikan Pilih Lokasi yang Strategis

Layaknya membeli sebuah rumah, lokasi yang strategis akan membuat usaha kos kosan Anda ramai penyewa dan harga sewa menjadi lebih bersaing. Bagaimanapun, penyewa kos akan memilih lokasi yang dekat dengan transportasi umum, dekat kampus atau kantor serta dekat dengan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli lahan atau rumah indekos yang lokasinya strategis.

2. Pastikan Fasilitas Kos Kosan Sesuai Harga Sewa

Tak dapat dipungkiri bahwa suksesnya sebuah usaha kos kosan tak lepas dari fasilitas yang diberikan. Apabila Anda menginginkan harga sewa yang lebih tinggi, maka Anda harus memberikan fasilitas yang bagus juga. Fasilitas yang lengkap dan nyaman juga memberikan daya tarik tersendiri khususnya bagi calon penyewa golongan menengah ke atas. Tentu saja hal ini tergantung pada lokasi dan target market kos kosan sekitar.

3. Biaya Sewa Sesuai Rate

Harga sewa juga mempengaruhi sebuah tingkat occupancy sebuah rumah indekos. Pastikan harga sewa kamar kos yang Anda tawarkan sesuai dengan rate atau pasaran kamar kos pada suatu daerah milik kompetitor Anda. Jangan mematok harga lebih tinggi karena kemungkinan penyewa akan beralih ke rumah kos lain. Akan tetapi, jangan menawarkan dengan harga terlalu murah.

Tidak selamanya harga murah membuat sebuah bisnis indekos menjadi lebih ramai. Ada kalanya harga yang terlalu murah malah membuat calon penyewa kamar kos curiga akan keamanan dan kenyamanan kos kosan tersebut. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis rumah kos kosan untuk melakukan riset harga pasaran terlebih dahulu.

4. Mempercantik Tampilan Fisik

Calon penyewa tentu saja akan melakukan survey ke kos kosan yang ada di sekitar daerah yang diinginkannya. Tentu saja kos kosan yang Anda miliki bukanlah satu-satunya kos kosan yang menjadi target survey calon pembeli. Mereka akan membandingkan kos kosan milik Anda dengan kompetitor. Tampilan fisik merupakan hal utama yang mempengaruhi preferensi seseorang. Tampilan fisik rumah kos kosan yang bagus akan memberikan kesan nyaman dan aman. Berbeda jika kondisi fisik kos kosan sudah kusam dan terkesan usang. Tentu akan memberikan kesan horor dan menyeramkan.

5. Pastikan Kos Kosan Anda Aman

Keamanan selama tinggal di kamar kos kosan adalah prioritas utama. Tak jarang, pengelola kos kosan atau pemilik indekos menetapkan peraturan hanya terima kost dengan gender tertentu, seperti kost putri dan kost putra. Terdapat larangan lain seperti batas jam kunjungan teman serta larangan lawan jenis untuk berkunjung. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan keamanan penghuni kos kosan dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Pelayanan Khusus Penyewa Kos Kosan

Beberapa pemilik kos kosan memberikan pelayanan khusus untuk penyewa kos kosan sebagai diferensiasi indekos tersebut dengan indekos milik kompetitor. Salah satunya adalah layanan resepsionis. Walaupun tampilannya tidak seperti resepsionis di apartemen atau hotel, namun tugas dan fungsinya sama, yaitu membantu menyimpan kiriman paket saat penyewa tersebut tidak di tempat. Hal ini terkesan sepele namun sangat bermanfaat. Hal ini untuk menghindari adanya kiriman paket yang hilang atau tertukar.

7. Rutin Memperhatikan Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Mungkin hal tersebut sering kita dengar. Menjaga kebersihan bukan saja sebagai bagian dari iman tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan nilai estetika. Rumah yang bersih akan membuat seseorang menjadi nyaman untuk berada di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi jika diharuskan work from home (WFH).

Kebersihan merupakan kunci agar usaha kos kosan Anda ramai dan laku tersewa. Para penyewa tentu saja menginginkan kenyamanan selama tinggal di kos kosan dan tentunya ingin agar lingkungan kos juga bersih dan asri. Untuk itu, pastikan Anda sebagai pemilik kos untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kos dan serta memberikan kesadaran kepada penyewa agar tetap menjaga kebersihan kamar kos.

8. Iklankan Kos Kosan Anda

Setelah Anda mempersiapkan berbagai poin yang telah dijelaskan diatas, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan beriklan. Beriklan adalah ujung tombak sebuah bisnis mendapatkan pembeli, dalam hal ini penyewa kos kosan. Pastikan Anda juga mengiklankan bisnis kos kosan Anda di media online. Di zaman era teknologi ini, masyarakat melakukan jual beli di media online. Saat seseorang ingin mencari sesuatu, maka orang tersebut pasti melakukan browsing terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan terdapat iklan Anda yang tayang secara online. Perlu diketahui bahwa media online adalah salah satu media dengan tingkat keberhasilan menjual produk yang besar.

Selain beriklan di media online, pastikan Anda juga melakukan iklan konvensional seperti membuat petunjuk (signage) di depan usaha kos kosan Anda untuk menunjukkan kepada calon penyewa kos bahwa Anda memiliki kamar kos yang tersedia (available) untuk disewakan. Hal ini semakin memperbesar peluang kos kosan Anda laku tersewa. Beriklan di Basingbe.com merupakan salah satu strategi terbaik dimana mayoritas pembaca berada direntang usia 18 – 35 tahun, disamping itu kami memiliki tim yang terlatih dibidang Copywriting, Desain Grafis, dan Video Marketing. Penasaran tanya aja dulu via WhatsApp klik saja DISINI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *