6 Kuliner Khas Tebo, Salah Satunya Pernah Sabet Juara III Nasional

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Kabupaten Tebo yang terletak di Provinsi Jambi ini memiliki beragam kekayaan hayati, baik flora dan fauna. Tak hanya itu, beragam destinasi wisata terus dikembangkan. Eits, tapi sabar ya, dari beragam kekayaan di Kabupaten Tebo, urusan selera lidah patut menjadi alasan utama kenapa Kuliner yang berasal dari Tebo ini wajib kamu coba. Yuk kenali apa saja kuliner khas Tebo.

Loyang Dogan

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan utama dari Dogan atau kelapa muda dalam Bahasa Indonesia. 

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Loyang Dogan merupakan salah satu makanan khas Desa Semabu Kec. Tebo Tengah Kab. Tebo Prov. Jambi yang menyerupai kue bolu manis. Makanan ini berbahan utama dari dogan (kelapa muda). Daging kelapa muda itu di ambil kemudian di campur dengan bahan-bahan lainnya dan dimasak dengan Loyang (di panggang). Kue ini juga di buatkan spesial oleh keluarga (khususnya mak-mak) untuk oleh-oleh yang akan di bawah anaknya maupun keluarga tercinta pulang ke rantau.

Nasi Beibat atau Nasi Ibat

Nasi ibat juga akrab disapa dengan nama nasi baibat merupakan kuliner khas Tebo. Dimana kuliner ini berupa nasi putih yang dimasak, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Kuliner khas ini seringkali disajikan saat adanya acara pernikahan. Nasi ibat paling lezat disantap bersama gulai ikan. Kabayang kan nikmatnya kuliner khas Tebo ini.

Namun, di beberapa tempat sudah mulai hilang tradisi memasak nasi Ibat ini dan berganti menjadi nasi yang dibungkus dengan menggunakan pembungkus lainnya seperti plastik. Sejak zaman dahulu hingga sekarang, nasi ini sering disajikan pada acara pernikahan.

Tempoyak

Tempoyak adalah salah satu hidangan khas Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Tebo yang wajib kamu cicipi. Makanan yang memiliki cita rasanya asam, asin, dan gurih. Biasanya tempoyak dimasak bersama ikan patin dan ikan nila. Makanan ini terbuat dari buah durian asli yang telah difermentasi.

Tak sedikit penyuka fermentasi durian ini yang akrab dikenal tempoyak khususnya orang-orang Jambi karena rasanya mampu menggugah selera makan

Gulai Itam

Sesuai dengan namanya, gulai itam berwarna hitam pekat. Jika salah membuatnya atau salah menambahkan bumbu maka rasa gulai ini agak pahit. Semur ini berisi olahan daging yang dimasak dengan rempah-rempah.

Gulai itam tentu saja berbeda dengan sgulai daerah lainnya karena bumbunya sangat banyak dan belum banyak orang yang mengetahui cara membuatnya. Gulai Itam juga menjadi salah satu kuliner atau makanan khas Kabupaten Tebo yang wajib kalian cicipi.

Gulai Itam, makanan tradisional dari Kabupaten Tebo ini mampu menjadi makanan tradisional terpopuler ketiga dalam ajang Kategori Makanan Tradisional Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI). Setelah sebelumnya bersaing ketat dengan 10 nominasi makanan tradisional dari daerah lainnya.

Gulai Kuning Belut

Makanan ini memang sedikit berbeda karena isinya adalah belut. Uniknya, tidak ada bau dan rasa amis pada gulai kuning ini. Hilangnya bau amis disebabkan adanya penggunaan irisan daun kunyit yang mendominasi.

Kalau pada umumnya gulai terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gulai kuning belut tak jauh berbeda dengan gulai pada umumnya. Rasaya begitu unik dan sepertinya Anda akan menyukai belut setelah makan kuliner ini.

Kue Basah Padamaran

Padamaran adalah kue tradisional khas Kabupaten Tebo yang rasanya manis dan gurih. Kue basah ini terbuat dari bahan-bahan, yaitu tepung beras, kuah santan, gula merah, dan air perasan daun suji.

Setelah semua bahan tercampur rata dan menjadi suatu adonan, bungkus adonan dengan daun pisang sebagai alasnya. Kemudian kukus hingga matang. Kue ini biasanya dibentuk cup atau menyerupai mangkuk kecil. Orang Jambi menyebut cangkir tersebut “Takir”.

Tekstur kue ini hampir menyerupai bubur, tetapi lebih padat. Rasa manis dan gurih dari kue basah ini dihasilkan dari campuran gula merah dan siraman kuah santan yang kental.

Bagaimana apakah tertarik mencicipi kuliner diatas?. O iya bagi kamu yang tertarik untuk promosi usaha kamu dapat menghubungi Basingbe.com ya. Tenang, untuk biaya bisa tanya – tanya dulu kok via WhatsApp. Klik saja DISINI

banner 728x90

Pos terkait

banner 72890

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *