Memanfaatkan Perkembangan Teknologi, Mahasiswa KKN-T UNISRI Kenalkan Bahasa Inggris Kepada Anak-Anak

  • Whatsapp

Rimbo Bujang (24/08), Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan masyarakat menjadi dibatasi dan harus dengan menerapkan protokol kesehatan. Begitu pula dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak usia sekolah tidak dapat belajar dengan maksimal di sekolah dengan tatap muka karena adanya kebijakan pembelajaran daring. Angka penyebaran Covid-19 yang tinggi membuat mereka harus belajar dari rumah. Namun, pembelajaran daring belum sepenuhnya efektif dilaksanakan karena anak-anak lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain gadget dengan mengakses hal-hal diluar pembelajaran.

Beberapa anak usia sekolah dasar di Wirotho Agung jugabelum mendapatkan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah karena kebijakan sekolah yang tidak menambahkan mata pelajaran Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar. Padahal kita tahu bahwa Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang sangat penting di era saat ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi tentunya memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai informasi maupun sumber untuk belajar. Anak-anak juga membutuhkan suasana maupun media belajar yang menarik agar semangat dan tertarik untuk belajar. Oleh karena itu, Dia Indriyana mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi Surakarta di Kelurahan Wirotho Agung memanfaatkan media pembelajaran yaitu aplikasi English for Kidsyang dapat di akses di gadget untuk memperkenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak di wilayah kelurahan Wirotho Agung. Hal ini dilakukan untuk mengisi kegiatan mereka selama pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

“Pelaksanaan program kerja ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak di kelurahan Wirotho Agung tentang Bahasa Inggris. Kegiatan ini juga bermaksud agar anak-anak memanfatkan waktu dirumah untuk kegiatan yang bermanfaat. Selain itu mengenalkan pembelajaran online yang menyenangkan dengan memanfaatkan gadget mereka untuk belajar Bahasa Inggris sederhana dengan mudah melalui aplikasi salah satunya English for Kids,” Ungkap Dia Indriyana, mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISRI Surakarta, di Kelurahan Wirotho Agung, Senin (23/8/2021). Dia Indriyana mengatakan bahwaharapannya kegiatan ini dapat membantu anak-anak di Kelurahan Wirotho Agung untuk tetap belajar hal baru di masa pandemi dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk hal-hal edukasi dengan lebih bijak. Karena belajar dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Pos terkait