10 Cara Membangun Rumah Idaman Agar ‘Murah Banget’

  • Whatsapp
architect, man, jump-1080592.jpg

BASINGBE.com – Pastikan Anda telah memahami tips hemat membangun rumah, sebelum memulai proses pembangunan rumah idaman. Dengan begitu Anda bisa menekan biaya pembangunan rumah tanpa harus mengorbankan kualitasnya.

Salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi adalah rumah. Selain menjadi tempat tinggal, rumah juga berfungsi sebagai tempat membangun hubungan keluarga. Oleh karena itu memiliki rumah tidak bisa sembarangan.

Bacaan Lainnya

Klasemen selengkapnya

Ada dua cara yang biasanya digunakan untuk memiliki rumah idaman. Anda bisa membeli rumah yang telah jadi ataupun membangunnya sendiri dari nol. Kedua cara dalam memiliki rumah ini memiliki kelebihan tersendiri.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang membangun rumah sendiri. Silahkan simak penjelasan kami agar Anda bisa membangun rumah impian meski memiliki dana yang terbatas.

Dalam membangun rumah sendiri dari nol, ada 10 hal penting yang harus disiapkan secara matang. Mulai dari menentukan lokasi di mana rumah akan dibangun, tipe, kebutuhan hingga perizinan. Berikut uraiannya:

1. Menemukan Lokasi Ideal

Sebelum masuk ke tahap rencana membangun rumah, tentu yang harus dilakukan adalah menemukan lokasi hunian yang ideal. Dalam hal ini, beberapa pertimbangan seperti jarak ke tempat kerja, kelengkapan fasilitas dan infrastruktur di sekitarnya perlu diperhatikan.

Selain soal jarak dan fasilitas pendukung, perkiraan nilai tempat tinggal di masa depan juga harus dipikirkan secara matang. Pemilihan yang tepat akan menguntungkan terkait investasi rumah di kemudian hari.

2. Menentukan Tipe Rumah Idaman

Setelah menemukan lokasi ideal untuk membangun rumah idaman, kita harus menentukan tipe rumah seperti apa yang sekiranya sesuai dengan budget yang dimiliki. Berusahalah untuk realistis agar pengerjaan bisa berjalan lancar hingga akhir.

Beberapa pilihan tipe rumah di Indonesia yang bisa kamu sesuaikan dengan anggaran, diantaranya yaitu tipe 21, 36, 45, 54, 60, 70 hingga 120. Angka tipe rumah tersebut menandakan luas bangunan, semakin besar maka semakin mahal tentunya.

Untuk keluarga kecil, tipe rumah 21 hingga 45 mungkin masih bisa mencukupi. Untuk menengah, tipe rumah 54 dan 60 cukup populer untuk dimiliki. Sementara tipe 70, 120 dan seterusnya biasanya untuk hunian kelas atas.

3. Kebutuhan Hunian

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *