10 Cara Membangun Rumah Idaman Agar ‘Murah Banget’

  • Whatsapp
architect, man, jump-1080592.jpg

5. Riset Material Bangunan

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan orang ketika akan membangun rumah idaman adalah tidak melakukan riset terhadap material bangunan dan harganya. Ini bisa mempengaruhi perhitungan budget di awal rencana.

Bacaan Lainnya

Klasemen selengkapnya

Lakukanlah riset dan survei langsung mengenai harga bahan bangunan di masa sekarang. Lalu bandingkan juga penawaran harga dari satu toko material ke toko lainnya agar mendapatkan perhitungan yang lebih efisien.

6. Mencari Jasa Pembangun Rumah

Semua rencana dan anggaran dalam membangun rumah idaman sudah tertata dengan baik akan menjadi percuma jika kita tidak menemukan pihak yang mampu mewujudkan keinginan kita dalam membuat hunian impian.

Carilah jasa kontraktor maupun tukang bangunan yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak ataupun portofolio pengerjaan bangunan yang baik. Jika punya kenalan yang sudah mengerjakan bidang ini selama bertahun-tahun akan lebih aman.

Setelah itu, jangan lupa buatlah kontrak secara rinci dan jelas mengenai berapa lama waktu pengerjaan, upah hingga denda jika waktu pengerjaan molor dari yang dijanjikan.

7. Mengurus Perizinan

Terakhir, yang tak kalah penting. Adalah mengenai legalitas saat kamu melakukan pekerjaan membangun rumah idaman. Uruslah surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) agar tidak terjadi masalah ketika mulai membangun hunian.

Yang perlu diingat juga, jangan tergiur jalan pintas yang ditawarkan oleh pihak tidak bertanggung jawab saat akan mengurus perizinan. Lakukanlah melalui cara yang resmi agar tidak merugi.

8. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Sekat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *