10 Cara Membangun Rumah Idaman Agar ‘Murah Banget’

  • Whatsapp
architect, man, jump-1080592.jpg

8. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Sekat

Cara hemat membangun rumah, jangan berlebihan dalam memakai sekat. Apa yang dimaksud dengan sekat ? Itu seperti sebuah pembatas yang umumnya terbuat dari triplek atau sejenisnya yang digunakan sebagai pembatas ruangan. 

Bacaan Lainnya

Klasemen selengkapnya

Jika sobat ingin tahu tips membangun rumah dengan dana terbatas, hindari terlalu banyak menggunakan sekat-sekat ini. Ada alternatif lain untuk memisahkan antar ruangan, tidak harus selalu menggunakan sekat-sekat.

Sebagai contoh, jika ingin memberi batasan antara ruang keluarga dengan ruang dapur, maka sobat tidak perlu memberikan sekat. Lalu ?

Cukup dengan meletakkan lemari, gorden (tirai), atau pembatas lainnya yang lebih simple. Bayangkan saja, jika di rumah sobat memiliki banyak sekat berbahan triplek, tentu saja ini tidak ekonomis dan ruangan juga terlihat lebih sempit.

9. Hindari Profile dalam Pembangunan Rumah

Terkadang, ini juga sering diabaikan oleh banyak orang. Tanpa disadari, pembuatan profile cukup banyak menyedot anggaran. Apa itu profile? 

Sederhananya, itu bisa dikatan sebagai sebuah desain atau dekorasi rumah yang dilakukan dengan cara mengukir. Meskipun hasilnya cukup bagus dan berkesan mewah, penggunaan profile termasuk rumit dan kurang efisien.

Oleh karena itu, ini bukanlah salah satu cara membangun rumah dengan dana minim. Sobat masih bisa mencari alternatif lain untuk mempercantik rumah.

Bahkan, yang sederhana pun bisa terlihat indah, bernilai, dan mahal, asalkan kreatif. Untuk mendapatkan ide-ide kreatif, sobat tinggal berselancar saja di Google.

10. Jangan Sungkan Membantu Pengerjaan Pembangunan Rumah

Ingat, sobat sedang membangun rumah sendiri. Jadi, tidak ada salahnya sobat ikut andil dalam proses pengerjaan rumah. Setidaknya, membantu hal-hal yang bisa dilakukan. Dengan begitu, proses pengerjaan bisa lebih cepat. Biar ringan, lakukan secara bertahap.

Selain itu, keikutsertaan sobat ternyata juga bisa menghemat biaya, terutama menghemat biaya tukang.

Sebagai contoh, jika target penyelesaian pembangunan rumah idaman yaitu 1 bulan penuh, maka dengan sobat ikut serta membantu, bisa jadi prosesnya hanya 25 hari. Hemat 5 hari. Dengan begitu, biaya tukang pun akan berkurang, bukan?

Ok itulah ulasan 10 Cara Mudah Membangun Rumah Sendiri. Apakah artikel ini dapat membantu ? Sekian dan terimakasih sudah mau singgah, dan semoga bermanfaat. Dan mari bergabung di Group Facebook Inspirasi Model Rumah Idaman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *