Pentingnya Air dan Garam Mineral Bagi Hewan Ternak

  • Whatsapp
goat, fawn, animal-4066759.jpg

BASINGBE.com – Mineral merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Para ahli mendefinisikan mineral  merupakan zat  homogen dengan komposisi kimia tertentu, mempunyai sifat – sifat tetap, dibentuk oleh proses  alam yang anorganik , serta  mempunyai susunan atom yang teratur.

Mineral yang dibutuhkan oleh ternak terdiri dari mineral makro (dibutuhkan dalam jumlah besar) dan  mineral mikro (dibutuhkan dalam jumlah sedikit). Mineral makro diperlukan untuk pembentukan organ di dalam tubuh.   Mineral mikro diperlukan dalam jumlah yang sangat sedikit dan umumnya terdapat dalam jaringan dengan konsentrasi sangat kecil. Mineral makro terdiri dari kalsium (Ca), Mangaan (Mg), Natrium (Na), serta kalium (K). Mineral mikro terdiri tembaga (Cu),  seng (Zn) dan besi (Fe).

Bacaan Lainnya

Klasemen selengkapnya

Kebutuhan Air

Sapi dan kerbau memerlukan 25 sampai 40 liter air per ekor per hari. Kambing dan domba memerlukan 1 sampai 3 liter. Air minum ini harus bersih. Hewan harus diberikan minum setiap saat, baik secara diangkut ke kandang, pada tempat hewan diikat ataupun di padang rumput. Kekurangan air minum mengakibatkan hewan tidak makan sehingga produksi maksimum tidak tercapai. Pemberian pelepah pisang memang dapat mencukupi kebutuhan air bagi hewan, tetapi hewan tidak makan atau merumput secukupnya karena telah penuh dengan serat pelepah pisang. Berikanlah air minum bersih dalam ember setiap hari untuk hewan dalam kandang. Kerbau harus diberikan kesempatan untuk berkubang selama 2 atau 3 hari setiap hari agar sehat dan segar.

Kebutuhan Garam

Garam (NaCl) sangat diperlukan oleh hewan. Petani harus menyediakan garam dikandang setiap saat sehingga hewan dapat menjilatnya. Suatu campuran yang terdiri dari 50 % garam dan 50 % dicalcium phosphat harus disediakan setiap saat. Sapi dan kerbau akan menghabiskan 2 kg campuran ini selama satu bulan. Kambing dan domba memerlukan sekitar 200 gr/ekor setiap bulan. Juga beberapa mineral harus disediakan di kandang.

Mineral tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ternak, akan tetapi didapat dari pakan seperti hijauan yang dimakan ternak. Jika pakan yang dimakan ternak sedikit mengandung atau bahkan tidak mengandung mineral sehingga ternak kekurangan mineral padahal seperti kita ketahui setiap hari ternak memerlukan mineral. Bila ternak kekurangan mineral maka pertumbuhan ternak akan terhambat sehingga berefek kepada terganggunya proses reproduksi dan produksi. Alasan itulah yang mendasari betapa pentingnya mineral bagi ternak.

Adapun faktor penyebab ternak kekurangan mineral adalah akibat dari kurangnya kandungan mineral pada tanaman pakan ternak. Hal ini diakibatkan oleh tanah tempat tumbuh hijauan ternak tersebut hanya mengandung sedikit unsure mineral sehingga cuma sedikit yang bisa diserap oleh tanaman yang kita berikan untuk ternak.

Fungsi mineral dalam tubuh ternak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *