Megahnya Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar

  • Whatsapp

BASINGBE.com – Setelah Jepang dan Korea Selatan pada 2002, Piala Dunia akan kembali diadakan di Asia pada tahun ini. FIFA telah memilih Qatar sebagai tempat dan tuan rumah Piala Dunia 2022. Tentunya hal yang paling menarik adalah deretan megahnya Stadion Piala Dunia 2022.

Bacaan Lainnya

Klasemen selengkapnya

Qatar sendiri menjadi negara Timur Tengah pertama yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia. Saat ini, mereka memang dikenal sebagai negara yang cukup maju di mata dunia.

Menurut dokumen aplikasi FIFA, setidaknya diperlukan 12 stadion untuk menggelar Piala Dunia di Qatar. Namun, hal tersebut gagal direalisasikan lantaran sebagian besar arena di negara kecil itu belum dibangun.

Piala Dunia Qatar akhirnya akan dimainkan di delapan stadion berbeda yang tersebar di lima kota tuan rumah lainnya. Hal ini sempat menyebabkan kritik keras dari banyak pihak. Tapi, show must go on.

Meski Qatar cuma menyediakan 8 stadion untuk Piala Dunia 2022, seluruhnya dilengkapi dengan AC (air conditioner) untuk kenikmatan sepak bola yang optimal. Hal tersebut terbukti dari infrastruktur canggih, tak terkecuali stadion sepak bola untuk Piala Dunia. Setidaknya ada delapan stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Lusail Stadium

Stadion Lusail merupakan stadion yang akan digunakan sebagai tempat laga final Piala Dunia 2022 Qatar. Stadion ini berkapasitas paling besar di sana. Kapasitasnya mencapai 80.000 kursi penonton. Itu menjadikan alasan pertama mengapa stadion ini dipilih sebagai tempat laga final. Arena ini memiliki kapasitas lebih dari 86 ribu dan dirancang oleh arsitek Inggris Foster + Partners.

Dengan struktur yang dirancang untuk mencerminkan kerajinan tenun mangkuk Arab kuno, stadion ini diatur untuk menyediakan tempat yang menakjubkan untuk pembukaan dan penutupan turnamen.

Arena ini terletak di Kota Lusail, sebuah kota terencana yang terletak di utara Doha. Hebatnya, ini adalah seluruh kota yang dibangun khusus untuk acara tersebut. Pada saat Piala Dunia bergulir, Lusail akan menjadi rumah bagi berbagai fasilitas termasuk marina, resor pulau, fasilitas belanja dan rekreasi mewah, dan banyak lagi.

Hanya 15 km di utara pusat Doha, Stadion Ikon Lusail akan dilayani oleh jaringan metro langsung dari ibu kota, membuat stadion ini mudah dijangkau.

2. Ras Abu Aboud Stadium

Ras Abu Aboud Stadium atau dikenal Stadion 974 berkapasitas 40 ribu, terletak di tepi Teluk dan menghadap ke arah Doha. Terbuat dari kontainer pengiriman dan bahan daur ulang lainnya, stadion ini akan dibongkar setelah Piala Dunia 2022, dengan bagian-bagian yang digunakan dalam proyek bangunan lain di seluruh negeri.

Stadion 974 mendapat penghargaan dari GSAS sebagai bangunan dan desain berbintang empat. Stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk ini sebagian besar dibangun menggunakan kontainer pengiriman bersertifikat dan elemen baja modular. Letak stadion ini berada di tepi teluk Doha, berdekatan dengan sebuah pelabuhan di Qatar.

Lokasi tepi sungai yang menakjubkan dari arena ini akan menjadi angin segar bagi para penggemar, yang dapat mencapai Ras Abu Aboud melalui perjalanan metro singkat dari pusat kota Doha tepat di seberang teluk.

 

Ras Abu Daud Stadium

3. Al Thumama Stadium

Terletak hanya 12 km dari pusat Doha, Al-Thumama Stadium berkapasitas 40 ribu tempat duduk. Desain menarik arena ini terinspirasi dari gahfiya, topi tenun tradisional yang dikenakan oleh pria Arab.

Seperti banyak stadion di Piala Dunia 2022, Al-Thumama akan mengurangi kapasitasnya menjadi 20 ribu setelah turnamen dan menyumbangkan kursi-kursinya untuk membantu mempromosikan sepak bola dan stadion di negara-negara berkembang. Stadion ini akan dapat dicapai dengan jalur metro yang dibangun khusus dari Doha.

Al Thumama Stadium Terletak hanya 12 km dari pusat Doha, Al-Thumama Stadium berkapasitas 40 ribu tempat duduk. Desain menarik arena ini terinspirasi dari gahfiya, topi tenun tradisional yang dikenakan oleh pria Arab.

Seperti banyak stadion di Piala Dunia 2022, Al-Thumama akan mengurangi kapasitasnya menjadi 20 ribu setelah turnamen dan menyumbangkan kursi-kursinya untuk membantu mempromosikan sepak bola dan stadion di negara-negara berkembang. Stadion ini akan dapat dicapai dengan jalur metro yang dibangun khusus dari Doha.

 

4. Al Rayan Stadium/Stadion Education City

Terletak di lokasi Ahmed Bin Ali Stadium yang lama, Al-Rayyan Stadium memiliki kapasitas lebih dari 40 ribu, yang akan jadi tuan rumah pertandingan hingga tahap perempat final Piala Dunia Qatar.

Salah satu kota paling tradisional dan bersejarah di Qatar, Al-Rayyan terletak di tepi gurun dan akan memungkinkan pengunjung ke negara itu untuk melihat sekilas akar budaya Qatar yang dalam. Hanya beberapa kilometer dari Doha, para penggemar akan dapat mencapai stadion ini melalui jalur metro yang dibangun khusus.

 

5. Stadion Al Bayt

Stadion ini akan menyambut para penggemar sepak bola dalam pertandingan pembuka di Piala Dunia FIFA 2022 dengan total kapasitas pengunjung sebanyak 60.000 orang. Dibangun sejak 2014, Al Bayt berlokasi di Al Khor, kota yang dikenal dengan tradisi penyelaman untuk mencari mutiara dan kegiatan penangkapan ikan.

Desainnya mengadopsi tenda tradisional bernama bayt al sha’ar yang merupakan tenda yang digunakan masyarakat nomaden. Nantinya, stadion ini akan menyelenggarakan enam pertandingan grup, babak 16 besar, perempatan final, dan semi-final mulai 21 November-14 Desember 2022.

 

6. Stadion Ahmad bin Ali

Berkapasitas 40.000 orang, stadion Ahmad bin Ali berlokasi di Al Rayyan dan saat ini digunakan sebagai pusat pelatihan bagi klub olahraga Al-Rayyan dan Al-Khatiriyath. Tidak hanya itu, stadion ini juga dikenal karena umum digunakan dalam pertandingan sepak bola serta merupakan salah satu stadion yang dibangun kembali selama 2016-2020 setelah berdiri sejak 2003.

Desain stadion yang sudah dibangun kembali memudahkan penonton untuk merasa lebih dekat dengan pertandingan. Selama periode 21 November-3 Desember 2022, stadion ini hanya menyelenggakan enam pertandingan grup dan babak 16 besar.

 

7. Stadion Internasional Khalifa

Dikenal dengan nama Stadion Nasional, stadion ini merupakan stadion multifungsi di Doha, tepatnya sebagai bagian dari kompleks Kota Olahraga Doha yang terdiri dari Aspire Academy, Hamad Aquatic Center, dan Aspire Tower. Semula, stadion yang dibuka pada 1976 ini memiliki kapasitas 20.000 orang hingga akhirnya direnovasi pada 2014-2017 agar bisa memuat 40.000 orang.

Selama renovasi, elemen desain bangunan berupa lengkungan ganda tetap dipertahankan dengan adanya penambahan elemen kanopi yang terbentang di bawah lengkungan untuk mengakomodasi sistem pendinginan yang baik. Selama 21 November-17 Desember 2022, stadion ini akan mengadakan enam pertandingan grup, babak 16 besar, dan babak perebutan juara ketiga.

 

8. Stadion Al Janoub

Dibangun selama 5 tahun sejak 2014, stadion Al Janoub berlokasi di bagian selatan kota Al Wakrah dan menjadi rumah bagi klub sepak bola Al-Wakrah SC. Kapasitas stadion yang dimiliki Asosiasi Sepak Bola Qaatr ini mencukupi hingga 40.000 orang.

Ciri khas dari desain stadion ini adalah konsep neo-futurist dengan bentuk lengkung postmodernist dari arsitek Zaha Hadid, di mana bentuknya merefleksikan kapal dhow tradisional yang ditiup angin. Pada 22 November-5 Desember 2022, stadion ini hanya mengadakan enam pertandingan grup dan babak 16 besar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *