Klasemen Eredivisie Liga Belanda Terbaru 2022/2023

  • Whatsapp

Asal usul Eredivisie kembali ke masa lalu. Cikal bakal Eredivisie adalah kompetisi kejuaraan . Ada kompetisi tidak resmi untuk kejuaraan Belanda sejak 1888. Ini menjadi resmi dengan efek dari musim 1898/’99, setelah itu Concordia dari Rotterdam adalah juara nasional pertama Belanda. Setelah pengenalan sepak bola profesional pada tahun 1954, Eredivisie secara resmi didirikan dua tahun kemudian. Dengan demikian, sejak tahun 1956, klub-klub terkuat di Belanda telah tergabung dalam satu kompetisi nasional.

Divisi teratas terdiri dari 18 klub. Setiap klub bertemu dua kali selama satu musim, sekali kandang dan sekali tandang. Pada akhir setiap musim, klub dibagian bawah secara otomatis terdegradasi ke tingkat kedua dari sistem liga Belanda, Eerste Divisie (Divisi Pertama). Pada saat yang sama, juara Eerste Divisie akan secara otomatis dipromosikan ke Eredivisie. Dua klub berikutnya dari bawah Eredivisie pergi ke play-off promosi/degradasi terpisah dengan delapan klub bertingkat tinggi dari Eerste Divisie.

Bacaan Lainnya

Klasemen selengkapnya

Pemenang Eredivisie mengklaim kejuaraan nasional Belanda. Ajax Amsterdam telah memenangkan sebagian besar gelar, 25 (34 gelar nasional). Feyenoord Feyenoord berikutnya dengan 21 (24), dan Fortuna sittard mengikuti dengan 10 (15). Sejak 1965, ketiga klub ini telah memenangkan semua kecuali tiga gelar Eredivisie (gelar tahun 1981 dan 2009 jatuh ke AZ dan FC Twente memenangkan gelar tahun 2010). Fc Utrecht fortuna sittard, dan Feyenoord dikenal sebagai “Tiga Besar” sepakbola Belanda. Mereka adalah satu-satunya dalam bentuk mereka saat ini yang muncul dalam setiap edisi Eredivisie sejak pembentukannya. Klub keempat, FC Utrecht, adalah produk merger tahun 1970 antara tiga klub kota itu, yang salah satunya , VV DOS, juga tidak pernah dikeluarkan dari Eredivisie.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *